Asya dan Rafitri berhasil menraih medali emas World Invention Creativity (WICO) di Seoul, Korea Selatan, setelah memperkenalkan akar Bajakah yang mampu mencegah berkembangnya kanker payudara.

Oleh: Anisa Tri K / Yuliawan A

Poskaltim.com, Jakarta – Dua orang putri asal Provinsi Kalimantan Tengah meraih prestasi membanggakan di ajang World Invention Creativity (WICO) di Seoul, Korea Selatan pada 25-27 Juli lalu.

Aysa Aurealya Maharani dan Anggina Rafitri, dua siswi SMAN 2 Kota Palangka Raya baru saja berhasil meraih Gold Medals. Keduanya meraih mendali emas, berkat mengenalkan akar pohon Bajakah tunggal sebagai obat tradisional yang mampu sembuhkan kanker payudara.

Kisah sukses Aysa dan Rafitri berawal dari kegiatan ekstrakurikuler di sekolah mereka. Saat itu semua siswa jurusan ilmu pengetahuan alam (IPA) diminta menerapkan ilmu yang telah dipelajari sehari-hari.

“Waktu itu kami mencari ide, bahan apa yang bisa diteliti untuk ekstrakurikuler,” ucap Aysa sepeti yang dikutip dari Kalteng Pos.
Aysa lantas teringat pada nenek temannya yang sembuh dari kanker payudara, setelah mengonsumsi akar Bajakah selama tiga bulan.

Bajakah adalah tumbuhan khas Kalteng. Warga suku Dayak yang tinggal di pedalaman, sering memanfaatkan tumbuhan untuk mengobati berbagai penyakit, salah satuny tumbuhan bajakah.

Bajakah adalah tumbuhan khas Kalteng. Warga yang tinggal di pedalaman sering memanfaatkan tumbuhan untuk mengobati berbagai penyakit.

Bajakah tidak hanya mampu menyembuhkan kanker, tumbuhan tersebut juga dapat digunakan untuk mencegah dan menyembuhkan tumor ganas, mengurangi radikal bebas dalam tubuh, menangkal radikal bebas, serta meningkatkan kesehatan dan sistem kekebalan tubuh.

“Orang-orang pedalaman ini meyakinkan kami bahwa akar Bajakah bisa menyembuhkan kanker payudara. Banyak yang telah membuktikan,” papar siswi SMAN 2 Palangka Raya ini.

Siswa-siswi SMAN 2 yang tergabung dalam kelompok kerja tersebut, akhirnya mengambil contoh akar dan mengirimkan ke laboratorium Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Kota Banjarmasin. Hasil uji lab membuktikan, bahwa akar Bajakah memiliki kandungan yang mampu menyembuhkan kanker payudara. Kandungan itu antara lain saponin, alkoloid, steroid, terpenoid, flavonoid, tanin, dan fenolik. Zat-zat tersebut juga diyakini dapat menyembuhkan tumor ganas.(YAN/INI Network)

10 COMMENTS

    • Saya ada kak,,masih batangan.kalo memang butuh,saya menyediakan.tp stok cuma 3kg sudah kering siap konsumsi.
      Ada yg masih batangan,,masih segar basah ada 2kg

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here