Oleh: Yuliawan Andrianto

Poskaltim.com, Samarinda – Infeksi virus corona atau Covid-19 pada pasien pertama Positif di Kalimantan Timur, menemui kesembuhan setelah 31 hari berada di ruangan isolasi RSUD AbdulWahab Sjahranie Samarinda.

Selain dari Saamrinda, rasa gembira dilaporkan juga pasien sembuh Covid-19 asal Balikpapan. Sehingga total pasien sembuh saat ini menjadi delapan orang.

Demikian penjelasan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kaltim, Andi Muhammad Ishak, dalam penyampaian perkembangan harian Covid-19 di Kaltim pada Rabu (15/4).

“Dua pasien sembuh berasal dari Samarinda yang berkode SMRD-1 yang masuk rumah sakit pada 14 Maret dan menjadi pasien positif Covid-19 pertama di Kaltim. Sedangkan yang kedua adalah dari kluster Bogor dengan kode BPN-5 yang masuk rumah sakit tanggal 13 Maret 2020,” ujar Andi.

Dijelaskannya, kedua pasien sembuh ini semuanya dalam kondisi baik dan telah mendapatkan hasil Negatif sebanyak dua kali. Lamanya mereka di dalam ruang isolasi dikarenakan masih ada gambaran virus corona di thorax mereka.

Untuk penambahan Orang Dalam Pengawasan di Kaltim hari ini bertambah sebanyak 192 orang, sehingga total ODP berjumlah 5.700 orang, selesai pemantauan sebanyak 4.261 orang, dan yang masih menunggu proses pemantauan sebanyak 1.439 orang.

Sementara untuk Orang Dalam Pengawasan (OPD) bertambah sebanyak 15 orang sehingga total ODP berjumlah 291 kasus, kasus Negatif sebanyak 148 orang, kasus Positif sebanyak 35, Meninggal Dunia satu orang dan yang masih menunggu hasil laboratorium sebanyak 108 orang.

Sebanyak 15 penambahan ODP baru berasal dari Kabupaten Kutai Kartanegara sebanyak enam orang, Kutai Timur sebanyak tujuh orang dan Samarinda sebanyak dua orang.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here