Wartawan dari Sabah Malaysia bertemu dengan Gubernur Kaltim Isran Noor (seragam Pramuka) dan wartawan senior Utusan Borneo Lichong F Angkui (kiri)

Oleh : Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda – Tiga wartawan dari Negeri Sabah, Malaysia Timur mengunjungi Provinsi Kalimantan Timur dan bertemu dengan Gubernur Kaltim Isran Noor, pada Selasa (10/9). Para wartawan negeri jiran ini tertarik dengan pemberitaan soal rencana pemindahan ibu kota negara ke Kaltim yang telah diumumkan oleh Presiden Joko Widodo.

Dalam pertemuan ini, wartawan senior dari Utusan Borneo, Mr Lichong F Angkui melakukan wawancara eksklusif didampingi Chief Reporter Utusan Borneo Saini Ge dan wartawan Borneo Post Jeremmy.

Usai bertemu dengan Gubernur Isran Noor, Lichong F Angkui menjelaskan tentang maksud kedatangannya ke Kaltim. Selain untuk memenuhi rasa keingintahuan pembaca warga Indonesia di Sabah, Lichong berharap dapat bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kaltim dalam beberapa hal.

Dijelaskannya, kedatangan ke Kaltim untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang rencana pindahnya Ibu Kota Negara Indonesia ke Kaltim. Sehingga dapat merencanakan berbagai kegiatan dua negara serumpun lebih erat lagi. Namun rombongan wartawan ini harus sedikit bersabar karena Gubernur Kaltim Isran Noor tetap merahasiakan titik koordinat lokasi ibu kota negara.

‘Nantinya Beberapa kerjasama antar dua negara dapat dilakukan diantaranya meningkatkan kerjasama baik di bidang pelancongan (wisata), peningkatan perdagangan (barter trade) dan peningkatan kerjasama pembangunan, tidak saja lokal tetapi dapat kerjasama yang menghubungkan dua negara,” ujarnya pada Poskaltim.com.

Dia menjelaskan jika potensi terbesar yang dimiliki oleh dua negara yang memiliki geografis yang sama adalah perkebunan kelapa sawit dan industri CPO (crude palm oil). Diakuinya, jika hubungan Sabah dan Kalimantan sangat dekat dan banyak pembaca koran di Malaysia adalah warga TKI (tenaga kerja Indonesia) yang juga ingin mengetahui kepindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur.

“TKI di Malaysia dan juga Sabah banyak, ribuan. Mereka juga ingin tahu kabar tentang rencana pindahnya Ibu Kota Negara Indonesia ke Kaltim ini. Kami berharap mendapat banyak dari Kaltim untuk kami informasikan bagi pembaca di Malaysia,” ucapnya. (YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here