Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda — Warga di Kelurahan Sidomulyo merasa gembira karena pihak kecamatan mengadakan pelayanan Keluarga Berencana (KB) gratis.

Walau berlangsung sejak Kamis, namun pelayanan ini ramai dikunjungi warga yang tidak sempat ke Puskesmas atau ke bidan. Pelayanan yang diberikan berupa pemasangan implan hingga IUD atau spiral didapatkan oleh warga secara Cuma-cuma.

“Kegiatan ini bekerjasama dengan BKKBN Kota Samarinda bersama pemerintahan Kelurahan Sidomulyo. Kegiatan yang sengaja kami gelar untuk warga yang kurang mampu ini agar mereka bisa mendapatkan pelayanan secara gratis,” jelas Sekretaris Kelurahan Sidomulyo Samarinda, Harry Santoso Abidin, Jumat (13/9).

Dijelaskan Harry, sasaran dari kegiatan ini ialah untuk membantu warga, khususnya yang kurang mampu untuk dapat menekan angka kelahiran bayi. Dengan begitu akan berdampak baik bagi ekonomi keluarga. Dengan jumlah anak yang sedikit maka bisa membuat pengeluaran keluarga berkurang dan anak mendapatkan perhatian lebih dari orang tua.

“Antusias warga cukup baik. Tingkat kesadaran untuk ikut program ini memang sudah kami sosialisasikan lebih awal. Manfaatnya juga semakin terasa bagi warga kami,” ujarnya.

Dengan dukungan BKKBN Samarinda, pihak kelurahan berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin. Selain kegiatan kesehatan gratis, warga juga berharap mendapat pembinaan dari pemerintah kelurahan dan BKKBN Samarinda, terhadap upaya-upaya program KB. (YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here