Ribuan warga Samarinda menggelar sholat meminta hujan atau Istisqa, atas musim kemarau yang panas dan kering.

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda –Ribuan jamaah datang dari berbagai penjuru Kota Samarinda untuk melakukan Shalat Istisqa atau shalat meminta dan bermohon akan turunnya hujan, bertempat di lapangan parkir GOR Segiri, Samarinda, Sabtu (28/9).

Shalat Istisqa dipimpin oleh Imam KH Subhan, dan dihadiri oleh Gubernur Kaltim Isran Noor, Ketua MUI Kaltim Hamri Haz dan beberapa pejabat daerah lainnya.

“Terima kasih kepada MUI Kaltim yang berinisiatif melaksanakan shalat Istisqa ini. Inilah bentuk kepedulian umat terhadap masyarakat. Banyaknya jamaah yang mengikuti shalat merupakan hal yang menggembirakan. Artinya, kita peduli dengan kepentingan masyarakat Kaltim,” ucapnya.

Isran Noor berharap dengan dilaksanakannya Shalat Istisqo ini wilayah Kalimantan Timur segera diturunkan hujan, sehingga titik-titik kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dapat segera padam.

Meskipun memang beberapa hari yang lalu sudah turun hujan, seperti di wilayah Balikpapan, Penajam dan Samarinda, namun shalat kali ini juga sebagai salah satu ikhtiar umat agar wilayah Kaltim tidak kesulitan air di saat musim kemarau ini.

“Dengan kegiatan ini kita bisa bersilaturrahim, bermunajat, berkehendak agar apa yang kita cita citakan, yaitu kondisi yang baik, aman tenteram dan diturunkan hujan. Tapi jangan terlalu lebat juga hujannya,” ucap Isran.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here