Warga Samarinda diimbau agar tidak membuang sampah pada saat lebaran karena petugas kebersihan akan libur selama dua hari

Oleh : Muhammad Rizqi

Poskaltim.com, Samarinda — Permasalahan sampah selalu menjadi polemik saat Hari Raya Idul Fitri tiba. Beberapa permasalahan di tahun sebelumnya pun membuat sampah di Kota Samarinda kerap menumpuk di beberapa kawasan dan membuat kondisi di Samarinda menjadi tidak nyaman karena aroma sampah.

Menyikapi hal ini Kepala Dinas Lingkungan Hidup Samarinda Nurrahmani rupanya memiliki ide dan gagasan yang dianggap mampu mengurangi masalah tersebut. Dirinya pun menghimbau agar masyarakat Samarinda tidak membuang sampah pada hari pertama dan kedua lebaran. Dia juga berharap agar masyarakat Samarinda mengerti jika petugas kebersihan juga turut merayakan Hari Idul Fitri bersama keluarga mereka.

“Surat yang kami buat tersebut sifatnya himbauan dan bukan larangan, kami berharap agar masyarakat Samarinda mengerti bahwa petugas kebersihan kami juga ingin berlebaran bersama keluarga mereka, jadi kami himbau agar masyarakat tidak membuang sampah dan menyimpannya (terlebih dahulu) pada hari pertama dan kedua lebaran Idul Fitri nanti,” ucapnya saat di konfirmasi PosKaltim.com melalui telepon seluler pada Selasa (4/6).

Meski begitu, seluruh petugas kebersihan yang ada di Dinas Lingkungan Hidup Kota Samarinda tetap mendapatkan uang lembur untuk mengapresiasi petugas yang tetap bekerja di hari raya.

Nurrahmani juga menghimbau masyarakat yang melaksanakan sholat Ied dengan membawa kertas koran agar tidak meninggalkannya di jalanan dan bisa membawa kembali atau membuangmya ke tempat sampah.

“Selain membuang sampah, saya juga menghimbau agat masyarakat muslim yang melaksanakan sholat Ied bisa membuang sampah koran mereka ke tempat sampah, jangan sampai nanti ketika habis sholat malah dibiarkan saja ditengah jalan atau lapangan,” tuturnya .

Dinas Lingkungan Hidup Samarinda juga menyiagakan dan tetap memberikan uang lembur sekiatar 1.500 an petugas kebersihan pada hari Raya Idul Fitri nanti, sebagai apresiasi karena mereka telah bekerja pada saat cuti lebaran masih berlangsung.

“Namun himbauan yang diberikan diharapkan bisa disikapi dengan bijak oleh masyarakat agar petugas DLH Samarinda juga bisa ikut berlebaran bersama keluarga mereka,” ujarnya.(RZQ/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here