Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda — Warga Kecamatan Sambutan sedang giat mempelajari pembuatan eco brick dengan memanfaatkan plastik bekas minuman air kemasan.

“Kami sedang mengembangkan keterampilan pembuatan eco brick, hari ini adalah sosialisasinya kepada seluruh pihak terkait, baik dari sekolah sampai warga kami. Semuanya akan kami libatkan, termasuk pihak kecamatan,” ujar Sekretaris Camat Sambutan, Idfi Septiani, kepada Poskaltim.com, Kamis (29/8).

Pembuatan eco brick ini memang sudah lama berkembang, nantinya dapat dijasikan beberapa kerajinan seperti meja dan kursi karena eco brick ini terbilang cukup kuat karena sampah plastik dimasukkan dan dipadatkan di dalam botol air mineral.

Nantinya jelas Idfi, kegiatan ini akan dilombakan sehingga dapat memacu warga untuk memanfaatkan botol bekas air mineral dan sampah plastik sebagai bahan isiannya. Apalagi sampah plastik dapat bertahan dalam kurun waktu lama, sehingga material ini sangat kuat bertahan di dalam botol.

“Saya memprogramkan ini bersama camat bukan tanpa alasan. Banyak sampah plastik diwilayah kami yang tidak dapat terurai. Tentunya akan membuat lingkungan tidak baik, oleh karena itu untuk menjalankan misi kawasan hijau hal ini perlu kami lakukan,” ungkapnya.

Pihak kecamatan juga berharap, program ini bisa diikuti oleh semua masyarakat. Bahkan bisa diaplikasikan langsung dilingkungan masing-masing. Sehingga sampah plastik bisa berkurang bahkan tidak ada lagi, karena sudah dimanfaatkan untuk sesuatu yang berharga kembali. (YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here