Camat Sambutan Samarinda, Nofiansyah mengatakan warga antusias mengikuti pelatihan yang diperuntukkan bagi pengurus masjid, sebagai bagian dari pelayanan social kepada warga sekitar.

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda — Warga Kecamatan Sambutan, Kota Samarinda mendapatkan pelatihan fardhu kifayah, berupa proses mengurus mayat hingga pemakaman.

Camat Sambutan Samarinda, Nofiansyah mengatakan warga antusias mengikuti pelatihan yang diperuntukkan bagi pengurus masjid, sebagai bagian dari pelayanan sosial kepada warga sekitar.

“Dalam pelaksanaan fardhu kifayah ini warga diajarkan mengurus jenazah mulai dari memandikan sampai mengkafani . Karena hal ini adalah wajib dilakukan kepada semua mayit yang beragama Islam,” ucapnya, Selasa, (5/11).

Nofiansyah berharap dengan adanya pelatihan tersebut warga bisa lebih peduli terhadap sesama warga, terutama bagi warga yang sedang ditimpa kesusahan berupa datangnya kematian. Selain itu juga, pelatihan ini akan mampu menyadarkan bahwa setiap manusia pasti kembali ke hadapan Ilahi.

“Jangan sampai sebagai manusia kita tidak tahu. Karena orang tua kita atau siapapun, harus kita urus. Dari sini juga kita diajarkan untuk tidak sembarangan saat memperlakukan jenazah,” jelasnya.

Ia berharap, warga terus melatih tata cara mengurus mayit ini, sehingga tidak ada proses yang terlewat sesuai dengan syariat Islam.

“Tingginya aktivitas warga, kadang kita menyepelekan urusan mengurus jenazah ini. Ketika ada keluarga yang meninggal, barulah kita kerepotan. Pelatihan ini semoga dapapt dipahami warga sehingga ada kesiapan manakala ada warga yang meninggal dunia,” ujarnya.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here