Foto udara milik BPBD Kota Samarinda mennggunakan drone, tampak cakupan banjir di utara Samarinda

Oleh: Andrie Aprianto

Poskaltim.com, Balikpapan — Musibah banjir yang melanda Ibu Kota Kalimantan timur, yakni Kota Samarinda yang sejak hari Minggu (9/6) hingga Selasa (11/6) sore, masih tergenang, rupanya mendapat perhatian serius dari Walikota Balikpapan, Rizal Effendi.

Rizal Effendi yang memimpin apel pertama usai libur lebaran pada Senin (10/6) pagi di halaman Pemkot Balikpapan mengatakan, atas nama pemerintah kota dan pribadi turut prihatin atas musibah yang melanda Kota Samarinda.

“Saya atas nama pemerintah dan pribadi menyampaikan rasa prihatin terhadap kota tetangga kita Samarinda yang tengah dilanda banjir sejam hari Minggu,” ujarnya.

Walikota Balikpapan Rizal Effendi turut prihatin dengan banjir di Samarinda yang masih menggenang hingga hari Selasa (11/6)
Lanjut Rizal, bahkan musibah banjir yang melanda Kota Samarinda tersebut sampai menimbulkan korban.

“Ini menjadi atensi serius bagi kita disini (Kota Balikpapan) jika di Samarinda banjirnya sampai menelan korban,” tambahnya.

Dengan adanya musibah di Kota Samarinda ini, pemkot Balikpapan akan secepatnya mengatasi permasalahan banjir yang juga kerap terjadi jika hujan turun dengan intensitas tinggi.

“Ya ini kan pelajaran buat kita, pemkot akan secepatnya mengatasi permasalahan banjir ini. Kan semua kota pasti mengalami banjir tidak Balikpapan atau Samarinda saja. Pokoknya kita jadikan Samarinda pembelajaran lah agar disini jika banjir tidak ada korban jiwa,” ujar Rizal dihadapan awak media.

Walau tidak separah banjir di Samarinda, Kota Balikpapan juga diguyur hujan deras pada Minggu, namun Kota Balikpapan tidak banjir hebat seperti Samarinda karena drainasenya menuju laut lebih baik.

Jika hujan turun dengan intensitas tinggi di beberapa wilayah di Balikpapan yang masih sering dilanda banjir diantaranya di kawasan Jalan Beller, sekitar belakang Hotel Novotel, dan Jalan MT Haryono.(AND/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here