Menyongsong peringatan 20 tahun ia berkuasa, Presiden Vladimir Putin menyibukkan diri di luar Moskow. Ia dikabarkan turut menyelam ke dasar Teluk Finlandia dengan menumpang kapal selam, bersepeda motor bersama anggota klub motor “Night Wolves” Rusia

Oleh: Eko P / Yuliawan A

Poskaltim.com , Moskow – Setelah 20 tahun berkuasa, Presiden Rusia Vladimir Putin memperingati 20 tahun kekuasaannya. Berkuasa sebagai presiden tahun 1999 hingga 2008, kemudian sebagai Perdana Menteri selama empat tahun sebelum menjadi Presiden lagi pada tahun 2012.

Kalangan pakar politik berpendapat pemimpin Rusia itu sedang berusaha mengatasi dengan melakukan investasi besar dalam bidang militer untuk menjaga tingkat popularitasnya menjelang pemilu 2024.

Menyongsong peringatan 20 tahun ia berkuasa, Presiden Vladimir Putin menyibukkan diri di luar Moskow. Ia dikabarkan turut menyelam ke dasar Teluk Finlandia dengan menumpang kapal selam, bersepeda motor bersama anggota klub motor “Night Wolves” Rusia, dan memeriksa pembangunan jalan raya di Krimea.

Jajak pendapat oleh Levada Center yang independen di Rusia mendapati, 38 persen dari mereka yang disurvei tidak ingin melihat Putin berkuasa melampaui tahun 2024, ketika masa jabatannya saat ini berakhir. Tetapi mayoritas, 54%, mengatakan mereka menginginkan Putin, yang akan berusia 67 tahun pada Oktober, tetap menjabat presiden setelah tahun 2024.

Saat ini ekonomi Rusia cenderung stagnan, pertumbuhan PDB melambat dalam beberapa bulan pertama tahun 2019 dan pendapatan riil penduduk turun untuk tahun ke-5 berturut-turut.

Aktivitas ekonomi menurut badan statistik Rusia, Rosstat, turun tiga kali lipat. Itu berbeda dari 10 tahun pertama tahun 2000-an, ketika harga minyak dan popularitas Putin tinggi.

Tidak bisa banyak mengandalkan ekonomi, menurut analis, Putin kini beralih ke militer – melakukan reformasi dan membelanjakan anggaran.

Pemimpin Rusia itu memamerkan kekuatan militer Rusia dalam parade di Lapangan Merah baru-baru ini dan dalam pameran kekuatan angkatan laut di St. Petersburg. Berpidato di depan dewan federasi awal tahun ini, ia memuji rudal dan kapal selam baru negara itu.(YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here