Kapal pengangkut sapi jenis Brahman Cros tiba di Pelabuhan Semayang Balikpapan untuk selanjutnya dikirim ke Kelurahan Waru, Penajam Paser Utara untuk proses penggemukan.

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda – Sebanyak 2.000 ekor sapi jenis Brahman Cross asal Australia telah tiba di Pelabuhan Banua Taka Kabupaten Penajam Paser Utara, pada Rabu malam (2/10/2019) sebagai upaya Provinsi Kaltim untuk memenuhi kebutuhan konsumsi daging sapi di Kaltim.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kaltim Dadang Sudarya mengatakan kedatangan sapi-sapi jenis super ini tiba melalui jalur laut, diimpor oleh PT Agro Menara Rachmat (AMR).

“Alhamdulillah, sapinya telah datang milik perusahaan jenis Brahman Cross dari Australia melalui jalur laut dan sudah selesai bongkar muat dan proses pemeriksaan, baik jumlah maupun kesehatan,” jelas Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kaltim Dadang Sudarya, Jumat (4/10).

Dadang menjelaskan pengapalan sapi ini merupakan yang kedua, setelah sebelumnya, sudah didatangkan sebanyak 1.691 ekor sapi pada awal bulan Mei lalu.

Sapi-sapi ini sebagian besar untuk penggemukan terlebih dahulu sebelum dipasarkan atau di potong dalam beberapa bulan ke depan, sehingga memenuhi standar berat atau bobot yang bernilai ekonomis.

Selama proses penggemukan, sapi-sapi ini dilakukan pemeliharaan melalui pengembangan integrasi antara limbah kelapa sawit dan sapi oleh PT AMR dengan PT Waru Kaltim Plantation
“Yang pasti, sapi yang didatangkan ini untuk program penggemukan dan didistribusikan ke rumah potong hewan (RPH) di Kaltim. Jadi memang tujuan importnya untuk konsumsi masyarakat Kaltim,” jelasnya.

Dengan didatangkan sapi-sapi ini diharapkan dapat menjaga ketahanan pangan dan kestabilan harga daging sapi di daerah. Artinya, Kaltim dipastikan tidak akan terjadi kekurangan pasokan sebab stok atau ketersediaan sapinya mencukupi bahkan melebihi kebutuhan.

“Kita harapkan semakin banyak investor-investor lain yang juga mau bergerak di bidang peternakan di Kaltim. Tidak saja sapi tetapi juga telur, ayam ras dan daging beku,” harap Dadang.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here