Ujii cepat sampel pangan jajanan anak sekolah ini dilaksanakan di SDN 018 Samarinda Ulu, SDN OO8 Samarinda Ulu dan SDN 007 Samarinda Ulu. Hasilnya tiga sekolah ini diperolah sebanyak 34 sampel pangan dan beberapa diantaranya terindikasi bahan-bahan berbahaya.

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda — Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim bekerjasama dengan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Samarinda, melakukan uji cepat sampel pangan jajanan anak di beberapa sekolah, Kamis (17/10/2019).

Ujii cepat sampel pangan jajanan anak sekolah ini dilaksanakan di SDN 018 Samarinda Ulu, SDN OO8 Samarinda Ulu dan SDN 007 Samarinda Ulu. Hasilnya tiga sekolah ini diperolah sebanyak 34 sampel pangan dan beberapa diantaranya terindikasi bahan-bahan berbahaya, terutama zat pewarna dan zat pengawet.

Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak DKP3A Kaltim, Noer Adenany mengatakan, masih banyak yang melihat masalah jajanan anak di sekolah hanya masalah kecil, namun dampaknya sangat besar terhadap kelangsungan bangsa yang lebih baik di masa depan.

“Kita lakukan uji cepat sampel jajanan anak sekolah ditinjau dari sisi higienis penjual, cara pengolahan, cara penyajian, cara penyimpanan, dan kualitas makanan. Sehingga diharapkan melalui uji cepat sampel ini dapat mengetahui apakah jajanan tersebut sudah layak konsumsi atau tidak,” ujarnya, pada Poskaltim.com, Kamis siang (17/10).

Adenany melanjutkan, kegiatan ini juga bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Samarinda dan
dalam pengawalan Satpol Pamong Praja Provinsi kaltim. Harapannya dapat memberikan pola pengawasan dan pembinaan kepada pedagang jajanan anak sekolah yang lebih sehat dan higienis.

“Terhadap hasil adanya jajanan anak yang mengandung bahan berbahaya, akan dilakukan uji laboratorium lanjutan. Selanjutkan akan menjadi bahan masukan bagi kami dan dinas terkait untuk melakukan pembinaan dan sosialisasi dalam rangka mewujudkan sekolah ramah anak,” ucap Dany.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here