Ustadz Abdul Somad

Oleh: Azhar AP / Yuliawan A

Poskaltim, Pontianak – Dakwah Ustadz Abdul Somat ke Provinsi Kalimantan Barat , tidak disia-siakan umat Islam di Kalbar. Bahkan, Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji-Ria Norsan juga menyambut Ustadz Abdul Somad (UAS) dengan jamuan makan malam di Pendopo Gubernuran, Sabtu (5/10). UAS berkunjung ke Kalbar dalam rangka safari dakwah selama tiga hari ini.

Di wilayah ini, tidak terdengar pembatalan acara yang akan dihadiri UAS. Beda dengan kabar yang beredar di sekitar Keraton Yogyakarta. Di wilayah itu, acara para dai nasional termasuk UAS dan sederet ustadz beken lainnya dibatalkan.

Menurut pihak Keraton, tempat acara para dai tersebut di Alun-Alun Utara Yogyakarta adalah milik Keraton. Menantu Sultan HB X, KPH Notonegoro, mengatakan tidak perlu ada penjelasan apa alasan pembatalan itu.

“Ini kagungan (milik) Ndalem kok, kita tidak perlu (memberikan) alasan apa-apa,” kata suami GKR Hayu ini.

Perjuangan dalam dakwah, ada manis dan pahitnya. Ada yang menolak, ada pula yang menyambut dengan jamuan istimewa. Terlebih bagi para dai yang tegas, tak jarang dituduh radikal, seperti Ustadz Abdul Somad.

Dai kondang berkarakter Melayu dan bermazhab Imam Syafii ini seharusnya mulus dalam perjalanan dakwahnya di Bumi Nusantara. Namun, tak sepeti yang diinginkan karena dia blak-blakan, tidak neko-neko, tegas, dan kadang tidak kompromistis.

Sementara banyak audiens dan bahkan kelompok, hanya ingin di dakwahi sesuai keinginan mereka. Karenanya, cap radikal kerap dialamatkan kepadanya, padahal tidak demikian.

Di Kalbar, UAS dijamu istimewa. Sejak kedatangannya pada Jumat (4/10), UAS yang melakukan kunjungan tiga hari sudah melakukan Safari Dakwah di Kabupaten Mempawah dan Ketapang.

Kemudian Sabtu malam ini, secara khusus, Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan mengundang dia makan malam bersama Gubernur Kalbar serta sejumlah kepala SKPD yang ada di lingkungan Pemprov Kalbar. Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono dan Bupati Kapuas Hulu AM Nasir juga hadir.

Setelah bertemu dan makan malam bersama Sutarmidji dan Ria Norsan, UAS melanjutkan dakwahnya di Pondok Khulafaur Rasyudin Kecamatan Sungai Raya. Kedatangan UAS sudah ditunggu ribuan jamaah di Kubu Raya maupun dari Kota Pontianak.

Ketua Panitia Pelaksana Safari Dakwah UAS di Kalbar, Ozzy mengatakan, pihaknya merasa bangga karena sosok Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar bisa memberikan sambutan yang hangat pada sosok UAS.

Pihaknya juga berterimakasih karena sudah mendapat undangan makan malam bersama, yakni pada kesempatan itu, UAS juga sempat menggendong dan mendoakan cucu dari Gubernur Kalbar tersebut.
“Kehadiran UAS di Kalbar ini benar-benar menjadi kejutan, karena kami juga mempersiapkan kegiatan ini dengan singkat, mengingat kami baru dihubungi oleh management UAS seminggu sebelum kegiatan ini,” tuturnya.

Dirinya juga bersyukur, karena sambutan luar biasa dari masyarakat Kalbar, khususnya di Mempawah, Ketapang dan Kubu Raya yang sangat bersemangat untuk menghadiri tausiyah bersama UAS.
“Minggu subuh besok, UAS akan melaksanakan Subuh Akbar Kalbar yang dimulai dengan i’tikaf, Qiyamullail, Shalat Subuh Berjamaah dan Tabligh Akbar di Masjid Mujahidin Pontianak. Untuk itu kami mengajak kepada seluruh umat muslim Pontianak dan sekitarnya menghadiri kegiatan tersebut,” katanya.(YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here