Tuan rumah Kaltim menyertakan 1.080 orang peserta dalam ajang Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) V di Samarinda, dengan target tiga besar.

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda – Pemerintah Provinsi Kaltim melepas 1.080 orang peserta untuk mengikuti Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) V tahun 2019 yang berlangsung di Samarinda, 15-18 November.

Ada empat venue yang menjadi tempat perlombaan yaitu GOR Segiri, Folder Air Hitam, pusat Perbelanjaan Big Mall dan GOR Madya Sempaja yang sekaligus untuk penyelenggaraan upacara pembukaan pada Sabtu malam (16/11).

Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi berpesan agar seluruh peserta dapat menjaga kesehatan selama perlombaan berlangsung, sehingga peserta dapat melaksanakan lomba hingga akhir acara.

Menurutnya, jika seluruh peserta sehat, maka segala kegembiraan dapat dirasakan. “Kegembiraan bukan saja karena bisa bertanding tetapi juga karena dapat menyambut tamu dan lawan tanding dengan sebaik-baiknya,” ujarnya, saat memberikan sambutan pada pelepasan kontingen Kaltim di Fornas V Samarinda, bertempat di halaman Kantor Gubernur Kaltim, Jumat pagi (15/11).

Hadi juga berpesan kepada seluruh peserta dan masyarakat untuk dapat menyambut tamu yang datang dengan ramah dan menyenangkan.

Kontingen Kaltim saat pelepasan di halaman Kantor Gubernur Kaltim, Jumat 915/11) pagi.(foto:ist)
“Tunjukkan bahwa masyarakat Kaltim itu adalah masyarakat yang ramah. Jadilah tuan rumah yang baik. Manfaatkan ajang ini untuk menyambung tali silaturahmi. Pastikan kita (Kaltim) dapat masuk tiga besar,” harapnya.

Dalam Fornas ke-5 tahun 2019 ini, kontingen Kaltim terbagi dalam dua kelompok yaitu Kaltim A dengan kekuatan 657 orang peserta dan dibiayai oleh APBD Kaltim. Sedangkan Kaltim B berjumlah 427 orang yang dibiayai oleh APBD kabupaten/dan kota masing-masing.

Terdapat 37 induk organisasi (indoor) yang mengikuti perlombaan di Fornas V ini, sedangkan untuk olahraga tradisional yang berada di bawah Komisi Olahraga Tradisional Indonesia (KOTI) sejumlah 11 dan yang menjadi olahraga eksebisi pada Fornas V ini terdapat enam perlombaan.

Ketua Forum Olahraga Masyarakat Indonesia (Formi) Encik Widyani mengatakan, perlombaan yang akan berlangsung adalah perlombaan olahraga yang sifatnya rekreasi baik bagi peserta maupun bagi penonton.

Ia berterima kasih kepada seluruh penyelenggara kegiatan dan masyarakat yang menyukseskan penyelenggaraan Fornas V di Samarinda ini.

“Kita ingin bergembira. Tidak penting mencari siapa juaranya tetapi bagaimana kita memainkan olahraga tersebut. Ini sesuai dengan semboyan Formi yaitu sehat, bugar, gembira dan luar biasa,” ujar Encik Widyani.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here