Oleh: Eko P / Yuliawan A

Poskaltim.com, Tokyo – Bencana Topan Faxai telah memporakporandakan wilayah Tokyo dan sekitarnya, membuat sejumlah kerusakan, perjalanan terganggu dan aliran listrik putus. Sebelumnya Pemerintah Tokyo telah menghentikan transportasi kereta dan penerbangan menghadapi bencana topan ini. Dilaporkan seorang perempuan meninggal dunia akibat terjangan angin kencang tersebut, kutip Reuters, Senin (9/9).

Sebagian operator kereta dan kereta bawah tanah juga telah menangguhkan layanan pada Senin (9/9) pagi. Selain itu penerbangan dibatalkan di bandara-bandara Tokyo.

Dinas Meteorologi Jepang mengatakan topan Faxai itu memiliki kecepatan angin 143 kilometer per jam dengan hembusan hingga 197 kilometer per jam. Sebelum pukul 10 pagi, badai itu berpusat dekat Narita, sebelah timur Tokyo, dan bergerak ke arah timur laut dengan kecepatan 25 kilometer per jam, mendekati Pasifik.

Seorang perempuan berusia 50 tahun dipastikan meninggal setelah ditemukan tergeletak di sebuah jalan di Tokyo dan dilarikan ke rumah sakit. Sebuah rekaman kamera keamanan di dekat kejadian menunjukkan perempuan itu terhempas ke dinding sebuah gedung oleh angin kencang.

Kantor Berita Kyodo mengutip pihak berwenang setempat mengatakan sedikitnya 30 orang cedera di Chiba, Kanagawa dan Shizuoka dan sekitar 920.000 rumah tidak mendapat aliran listrik.

Dinas Meteorologi Jepang juga memperingatkan bahaya tanah longsor dan banjir yang diakibatkan hujan deras.(YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here