Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Briged Tentara Diraja Malaysia (TDM) melaksanakan kegiatan Unit Commander Meeting (UCM) bertempat di Kota Kinabalu, Malaysia

Oleh : Mashardiansyah

Poskaltim.com, Samarinda –- Kerjasama pengamanan perbatasan Indonesia-Malaysia terus ditingkatkan mengingat kedua negara terdapat batas negara yang berada disatu dataran.

Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Briged Tentara Diraja Malaysia (TDM) melaksanakan kegiatan Unit Commander Meeting (UCM) antara Delegasi, yang diwakili oleh Korem 091/Aji Surya Natakesuama (ASN) Samarinda, Kalimantan Timur, dengan 5 Briged Malaysia bertempat di Markas 5 Briged Kem Lok Kawi di Kota Kinabalu Malaysia.

Kasrem 091/ASN Kolonel Inf Ruslan Effendy mengatakan bahwa kerjasama ini merupakan bagian dari penyelenggaraan Unit Commander Meeting (UCM) antara Indonesia dan Malaysia karena kita bertetangga, sehingga ada kawasan perbatasan yang harus dijaga.

“Kegiatan UCM merupakan tindak lanjut dari kerja sama TNI dan TDM yang menjadi program tahunan. UCM 2019, Malaysia sebagai tuan rumah, yang membahas tentang patok-patok di perbatasan baik perbatasan darat maupun perairan, sehingga dua negara lebih erat dengan patroli perbatasan bersama demi kondisi perbatasan kondusif,”ucap Ruslan, Selasa (21/5).

Kasrem 091/ASN Kolonel Inf Ruslan Effendy saling bertukar cinderamata dengan Ketua Staf MK 5 Lt Kol Kamarulzaman Bin Nih Yunus
Dirinya pun menambahkan bahwa Indonesia telah memiliki pos perbatasan, begitu pula dengan Malaysia. Hasil pembahasan dalam pertemuan dan koordinasi di Kota Kinabalu Malaysia ini, selain menyepakati menjaga perbatasan bersama juga dibahas mengenai sejumlah kegiatan yang dapat dilakukan di waktu mendatang.
_
“Selain menjaga secara bersama antara TNI dan TDM, kegiatan yang bisa dilakukan bersama tersebut antara lain patroli terkoordinasi, olah raga bersama, maupun kegiatan lain yang dapat dilakukan antara TNI dan TDM di kawasan perbatasan,” ujarnya.

Pertemuan dalam rangka UCM ini, diikuti dari berbagai pihak. Delegasi Indonesia antara lain diikuti oleh Kasrem 091/ASN Kol Inf Ruslan Effendy, Kasi Ops Rem 091/ASN Kol Inf Henri Wijaya, Pgs Pasi Ops Rem 091/ASN Kpt Arm L. M. Sitompul, Baops Rem 091/ASN Srk Rizki Amarullah, Pa ILO Kinabalu Myr Inf Aditya Susanto dan Pa ILO Tawau Kpt Inf Ali Ikhsan.

Sementara dari pihak Delegasi Malaysia turut hadir Ketua Staf MK 5 Lt Kol Kamarulzaman Bin Nih Yunus, PS I G3 MK AT 450 Lt Kol Irwan bin Abdulah, Peg Mem 3 RAMD Lt Kol Mohd Yazid bin Yacacob.

PPTM/MMLO Balikpapan Myr Fadzlin bin Mohd Nazir, PTM/MMLO Perwakilan Samarinda Kpt Kamarul Arifin Ajhman dan PS 3 Gerak MK 5 Bgd Kpt Muhammad Adam bin Hj Abdul Haris.(MSD/YAN)