Prajurit Satgas Pamtas Yonif Raider 600/Modang R I-Malaysia sebelum berangkat tugas operasi telah mendapatkan banyak pembekalan terutama di bidang pertanian, perkebunan serta perternakan yang akan berguna ketika di lapangan.

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda – Sudah menjadi rahasia umum jika harga-harga bahan pokok, termasuk bahan sayuran, di wilayah perbatasan negara antara Indonesia dan Malaysia, berharga mahal.

Kelangkaan sayuran dan bahan pangan ini dimanfaatkan oleh tentara penjaga patok perbatasan untuk memanfaatkan tanah kososng dan waktu luang mereka untuk berkebun.

Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia Yonif Raider 600/Modang Kodam VI Mulawarman, Sersan Satu Haris berinisiatif memberikan pembekalan dasar perkebunan dalam hal pengolahan lahan, penanaman, perawatan sampai dengan proses panen, kepada prajurit TNI yang bertugas di tapal batas negara.

“Di samping tugas pokok pengamanan perbatasan RI tersebut, TNI juga harus memiliki kemampuan manunggal dengan rakyat melalui pembinaan teritorial, salah satunya bercocok tanam sayuran dan bahan pangan lainnya bersama warga setempat,” ujarnya, Jumat (11/10).

Sementara itu, Letkol Inf Ronald Wahyudi selaku Dansatgas Yonif Raider 600/Modang menuturkan personil Satgas Pamtas Yonif Raider 600/Modang R I-Malaysia sebelum berangkat tugas operasi mereka telah dibimbing serta mendapatkan banyak pembekalan terutama di bidang pertanian, perkebunan serta perternakan yang akan berguna pada saat pelaksanakan tugas di wilayah perbatasan RI – Malaysia.

“Hal tersebut mendapat respon positif dari masyarakat sekitar Pos Sungai Ular. Satgas Yonif Raider 600/Modang berencana akan terus melanjutkan dan menambah jumlah pengelolaan lahan kosong untuk berkebun dan meningkatkan hasil panen sayur-sayurannya,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan bersama warga ini hanyalah kegiatan sampingan dari kegiatan utama prajurit TNI, yaitu menjaga perbatasan dari ancaman musuh, termasuk barang-barang selundupan dan berbahaya bagi negara.

“Selama ini kegiatan TNI dapat menjadi contoh untuk warga masyarakat sekitar Simanggaris. Rencana program ini akan kami jadikan program tetap dan akan kami sosialisasikan ke seluruh jajaran Pos Satgas Yonif Raider 600/Modang supaya dapat lebih dekat dengan masyarakat sekitar, melalui pertanian ini”, tegas Dansatgas Ronald Wahyudi.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here