Lanud Dhomber TNI AU siap mengoperasikan pesawat Hercules jika sewaktu-waktu terjadi ledakan penumpang arus mudik Lebaran 2019

Oleh: Andrie Aprianto

Poskaltim.com, Balikpapan — Tentara NasionaI Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) akan mengerahkan pesawat Hercules dan Boeing TNI AU untuk angkutan mudik Lebaran 2019 di Landasan Udara Dhomber Balikpapan. Hal tersebut diungkapkan oleh Komandan Lanud Dhomber Balikpapan, Kolonel Pnb Irwan Pramuda, pada Senin (27/5).

Pengerahan pesawat besar ini nantinya akan melihat terlebih dahulu permintaan dari tiap-tiap daerah, apakah memang sangat diperlukan untuk mengakomodir pemudik lebaran atau masih bisa teratasi oleh angkutan yang ada.

“Jadwalnya saya belum dapat, nanti setiap hari akan ada keluar jadwal dari pusat. Tergantung permintaan dari kita nantinya, apa tinggi atau tidak, nanti akan ada jadwalnya,” ujarnya.

Persiapan bantuan angkutan pesawat ini akan mulai ada sejak H-7 Lebaran 2019, dan sejak saat itu sudah ada jadwal penerbangan pesawat Hercules dan boeing TNI AU.

Komandan Lanud Dhomber Balikpapan, Kolonel Pnb Irwan Pramuda[/caption]Lebih lanjut, Irwan menegaskan bahwa angkutan mudik yang disiapkan pihaknya bukan komersial. Angkutan pesawat Hercules dan pesawat TNI AU lainnya saat momen jelang Lebaran 2019, biasanya diperuntukan khusus keluarga prajurit Lanud Dhomber Balikpapan.

Kendati demikian bila ada warga Kota Balikpapan yang hendak ikut, pihaknya mempersilahkan berkoordinasi dengan bagian Dinas Operasi pada Lanud Balikpapan.

“Kita membantu masyarakat, tapi kita tidak komersial, biasanya untuk personel. Namun bila ada masyarakat membutuhkan dapat kontek ke kita (Dinas Operasi),” terangnya.

Selain TNI AU, TNI Angkatan Laut dikabarkan juga akan menurunkan KRI untuk sarana angkutan Lebaran 2019. Padatnya aktivitas di perairan Kota Balikpapan jelang momen Lebaran 2019 membuat jajaran TNI AL berinisiatif melakukan patroli yang lebih intensif.

Komandan Lanal Balikpapan, Kolonel Laut (P) Wahyu Cahyono menegaskan jajarannya siap mengamankan wilayah perairan Kota Balikpapan. Kapal patroli yang ada memastikan kondisi perairan Kota Balikpapan baik di pelabuhan umum, galangan kapal hingga di area kapal besar yang lego jangkar di tengah laut.

“Anggota sudah laksanakan giat patroli Lanal Balikpapan di perairan Kota Balikpapan dan perairan Kaltim lainnya. Untuk pengawasan dan pengamanan Lebaran 2019,” ujarnya, Senin (27/5).

Lalu lintas di laut diprediksi bakal padat-padatnya pada momen H-7 dan H+7 Lebaran 2019. Mulai dari angkutan umum hingga barang yang beroperasi di perairan Kota Balikpapan.

Sejak Senin (13/5) lalu pihaknya menurunkan dua unit kapal Sea Rider Rigit Inflatable Boat (RIB), sebagai kapal pantau yang juga bertugas apabila terjadi keadaan tak terduga di laut Kota Balikpapan.

“Yang jelas kami siapkan patroli, ada dua sea rider, yang tadinya selalu di atas, sudah kita turunkan ke bawah (perairan Teluk Balikpapan),” jelasnya.

Ditambahkannya, Kapal Angkatan Laut (KAL) Sepinggan dan Patkamla Lamaru juga disiagakan jajaran TNI AL untuk keperluan pengamanan Lebaran 2019. Danlanal Balikpapan juga menyatakan siap membantu kepolisian dalam hal menjaga Kamtibmas wilayah, tak hanya di laut namun juga di darat.

“Pada intinya kita siap juga membantu personil kepolisian untuk arus mudik 2019 kali ini,” ucapnya.(AND/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here