TNI Angkatan Laut mengerahkan KRI Makassar untuk membantu masyarakat Kaltim mudik gratis dengan tujuan Surabaya

Oleh: Andrie Aprianto

Poskaltim.com, Balikpapan — Ratusan masyarakat Balikpapan dan sekitarnya rela antre berdesak-desakan sejjak Kamis (30/5) pagi hingga siang hari sekira pukul 13.00 Wita, untuk mendaftarkan dirinya dalam keberangkatan mudik lebaran dengan menggunakan kapal KRI Makassar 590 milik TNI Angkatan Laut.

Adanya bantuan kapal KRI Makassar 590 milik TNI AL ini tujuannya untuk mengantisipasi kepadatan arus mudik lebaran tahun 2019 melalui jalur laut.

KRI Makasar 590 akan bersandar di Pelabuhan Semayang Balikpapan pada Jumat (31/5) hari ini dan baru berangkat dengan tujuan Kota Surabaya pada Sabtu (1/6) lusa.

“Hari ini TNI AL bekerjasama dengan PT Pelni dan Pelindo IV membuka pendaftaran dulu. Besok KRI Makasar baru bersandar dan lusa baru berangkatnya,” ujar Fanny Herling T, Manager PBAU Pelindo IV Balikpapan.

Seorang penumpang yang beruntung mendapatkan tiket gratis mudik lebaran dengan KRI Makassar milik TNI Angkatan Laut
Lanjut Fanny, kapal KRI Makasar 590 hanya bisa memuat 1.000 penumpang saja disertai dengan barang bawaannya, dan tidak dapat memuat kendaraan. “KRI Makasar hanya bisa menampung warga sebanyak seribu saja plus barang bawaan ya, tidak dengan kendaraan,” tambahnya.

Antrean pendaftaran ini dibuka sekira pukul 13.00 Wita dan langsung diserbu oleh ratusan warga, bahkan dari pantauan Poskaltim.com saat pukul 15.00 Wita tiket tersebut telah habis.

Sementara itu salah seorang warga Paser Halifa merasa bahagia dan senang bisa mendapatkan kesempatan mudik menggunakan kapal milik TNI AL ini, pasalnya dirinya tidak mendapatkan tiket kapal saat membeli di loket milik PT Pelni.

“Alhamdulillah tau dari orang-orang pas beli tiket disana (Kantor PT Pelni) katanya hari ini ada pendaftaran kapal punya TNI jadi saya kesini,” ujarnya.

Halifa sendiri mengaku mendapatkan tiket secara gratis namun hanya dikenakan biaya asuransi sebesar Rp7.000,- saja. “Tadi cuma bayar asuransi aja berdua sama suami tujuh ribu,” tambahnya.

Rencanaya Halifa dan sang suami akan berangkat ke Kediri melalui kota Surabaya.(AND/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here