Kebakaran di Jalan Delima Dalam RT 53 Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Samarinda Ulu, menghanguskan tiga unit rumah warga.

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda – Tiga unit bangunan rumah ludes terbakar disiang bolong pada Kamis (3/10) di Jalan Delima Dalam RT 53 Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Samarinda Ulu. Saksi mata menyaksikan penyebab kebakaran adalah korsleting arus listrik di salah satu rumah warga yang terbakar.

Dengan kebakaran ini, empat Kepala Keluarga (KK) yang menghuni di tiga rumah dengan 15 jiwa terdampak dan mereka untuk sementara diungsikan ke rumah tetangga dan sanak keluarga.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Samarinda, Nursan menjelaskan dari keterangan korban bernama Redi, telah terjadi korsleting arus listrik yang menyala dan menimbulkan api pada kilometer volt yang menempel di dinding depan rumahnya.

“Namun, tepatnya, asal api dan lain-lain pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan,” ucapnya, Kamis (3/10).
Dijelaskan Nursan bencana kebakaran ini walau menghanguskan tiga unit bangunan dan menyebabkan 15 jiwa kehilangan tempat berteduh, pihaknya telah mendata tidak ada korban jiwa maupun korban luka.

Adapun kendala pemadaman di lapangan ujarnya, adalah jalanan yang tidak lebar dan banyaknya warga yang turut menonton. Sehingga menyulitkan pergerakan mobil-mobil pemadam kebakaran.

Kecepatan laporan warga dan kecepatan pemadaman diakui Nursan menjadi titik api tidak menyebar ke rumah-rumah warga lainnya. Berbagai relawan turut dalam pemadaman kebakaran ini sehingga api hanya menyala sekitar 45 menit.
“Kami bersyukur tidak ada korban jiwa dan korban luka dan api dapat dipadamkan dengan cepat. Kami mengerahkan 15 unit mobil damkar dan 10 unit mesin pompa portabel bantuan dari para relawan,” ujarnya. (YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here