Jalan tol sepanjang 99 Km yang menghubungkan Kota Balikpapan dan Samarinda dipastikan akan rampung pada Desember 2019.

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda – Pembangunan jalan tol pertama di Pulau Kalimantan, yang menghubungkan Kota Balikpapan-Samarinda, menyisakan pekerjaan sepanjang 2,2 kilometer (Km) saja.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (PUPR Pera) Kaltim, Taufik Fauzi membenarkan masih ada 2,2 Km badan jalan tol yang belum tersambung. Sedangkan posisi badan jalan tersebut, berada di Segmen V, Seksi I yang berada di sisi Samarinda.

“Jadi, jalan itu belum tersambung karena belum ada badan jalannya. Bangunan jalan yang belum tersambung itu dulu dikerjakan oleh dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kaltim. Ini yang kami perlu rapat untuk membicarakan soal penyelesaian pembangunan jalan 2,2 kilometer itu,” ujarnya, Kamis (14/11).

Sementara itu, saat ditanya apakah jalan tol sepanjang 99 kilometer ini akan dapat selesai pada bulan Desember 2019, Taufik menjawab dengan optimistis, jalan tol dapat selesai. Namun, ia mengatakan jika jalan tol ini akan melalui beberapa tahapan uji lagi sebelum dapat digunakan oleh masyarakat.

“Jadi sabar saya, kami meminta doa masyarakat Kaltim agar jalan tol ini segera dapat digunakan oleh masyarakat dan dapat memudahkan mobilisasi pergerakan orang dan barang dari Samarinda ke Balikpapan dan sebaliknya,” ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Kaltim Isran Noor juga optimis target penyelesaian pekerjaan jalan tol ini akan rampung pada Desember 2019. Bahkan, ia berharap jalan tol ini dapat diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo, yang berjanji akan datang ke Kaltim dalam waktu dekat.

“Iya, benar, presiden (Joko Widodo) yang akan meresmikan,” ujarnya singkat.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here