Oleh: Eko P / Yuliawan A

Poskaltim.com, Jakarta – Kekalahan Timnas Indonesia atas Malaysia 2-3 membuat sejumlah superter Indonesia bertindak tidak simpatik terhadap supporter lawan.

Ulah kurang simpatik yang dilakukan suporter Indonesia terhadap suporter tim nasional Malaysia seharusnya tidak perlu terjadi dalam ajang sepakbola dunia. Kejadian ini membuat pendukung tim Malaysia berlarian menyelamatkan diri usai skuat kesayangannya menang 3-2 atas Indonesia dalam laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (5/9) malam.

Begitu wasit meniup peluit panjang, pendukung Malaysia langsung berlarian dari tempat duduknya karena mendapatkan lemparan beruntun dari oknum suporter tuan rumah.

Selain botol, mereka juga dilempari bom asap. Hal yang sama terjadi pada babak kedua yang membuat laga sempat ditunda sekitar 10 menit.

Beberapa di antara mereka lari ke tribun lebih tinggi dan sebagian masuk ke arah ruang ganti pemain.

Personel kepolisian terus menjaga suporter Malaysia agar tidak mendapatkan serangan lebih lanjut.

Pelemparan sejatinya terjadi sejak babak pertama, tetapi tidak ada persoalan serius. Keadaan memanas pada paruh kedua ketika kedudukan imbang 2-2.

Suporter Indonesia turun hingga lintasan lari SUGBK, memaki-maki pendukung Malaysia hingga melempari mereka dengan kemasan minuman sampai bom asap.

Situasi serupa terulang setelah laga usai. Suporter Indonesia sendiri langsung mengalihkan kegiatannya ke depan pintu masuk VIP dan VVIP SUGBK sisi barat usai pertandingan.

Sekitar 100 orang dari mereka melampiaskan kekecewaannya dengan menyanyikan yel-yel timnas Indonesia. Sebagian lagi melakukan aksi tidak simpati yang harusnya tak perlu terjadi. (YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here