Oleh Ronald Ginting / Yuliawan A

Poskaltim.com, Manado – Komoditas ikan hias bagi Provinsi Sulawesi Utara sangat besar potensinya. Sehingga ekspor ikan hias mennjadi peluang perikanan yang strategis untuk di ekspor. Thailand menjadi tujuan potensial ekspor ikan hias Sulawesi Utara, yang sejak beberapa tahun terakhir ini pengirimannya rutin dilakukan tiap bulan.

“Rata-rata ikan hias hidup yang diekspor ke Thailand sebanyak 600 kilogram atau 30 box dan mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar 800 dolar AS,” tutur Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut Darwin Muksin di Manado, Senin.

Darwin mengatakan memang jika dilihat nominalnya masih sangat kecil, namun yang menjadi target utama yakni terciptanya pasar baru untuk komoditas ekspor Sulut.

Sehingga, katanya, hal ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh para pengekspor di Sulut.

Ia menjelaskan pemerintah akan terus mendukung semua pengekspor dan pengusaha di Sulut dalam mencari pasar baru.
“Kami akan terus memasarkan semua komoditas yang berpotensi ekspor di setiap kesempatan baik domestik maupun internasional,” jelasnya.

Ada begitu banyak produk pangan dan perikanan Sulut yang sangat disukai oleh pasar internasional, dan harus terus didorong.

Selain pasar Asia, ikan hias Sulut juga merambah pasar Eropa seperti Italia.
Menurutnya untuk pasar Eropa, sangat selektif dalam membeli produk dari negara lain, sehingga pengekspor asal Sulut jangan sampai mengecewakan.

Ia menjelaskan produk perikanan Sulut sangat potensial dan harus dimanfaatkan dengan baik oleh nelayan dan pelaku usaha di daerah. (YAN/INI Network/foto:ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here