Oleh: Mashardiansyah

Poskaltim.com, Samarinda — Kementerian Agama Kota Samarinda menetapkan Standar Zakat Fitrah Di Kota Samarinda, yaitu terbagi menjadi tiga tingkatan untuk zakat fitrah uang, sedangkan zakat fitrah untuk beras dipatok 2,5 kilogram per orang.

“Zakat fitrah untuk beras nilainya 2,5 kg menurut Imam Syafi’i. Nah untuk uang itu ada tiga tingkatan. Untuk kelas pertama itu adalah Rp.35.000 per satu jiwa, kelas kedua itu Rp45.000, kelas tiga sebesar Rp.55.000,” jelas Kasi Penyelenggara Syariah Kementerian Agama Kota Samarinda, Junaidin, Senin (20/5).

Kasi Penyelenggara Syariah Kementerian Agama Kota Samarinda, Junaidin,
Dirinya menjelaskan, bahwa harga standar zakat fitrah akan mengikuti standar harga beras Bulog yang ada di masing-masing daerah, hal tersebut sesuai kesepakatan seluruh majelis ulama dalam rapat koordinasi Kementerian Agama di Samarinda.

“Zakat fitrah itu berdasarkan standar harga beras Bulog, itu sekiranya yang paling rendah itu Rp9.200, sedangkan untuk standar yang premium berkisar Rp10.300 sampai Rp13.600. Jadi semua itu berdasarkan harga beras dipasaran dan Bulog,” ungkapnya.

Sementara standar zakat fitrah dalam bentuk uang yang telah ada bertahun-tahun sebelumnya mengikuti ajaran Imam Hanafi, yang menggunakan sistem pengalian 3,8 kilo untuk penentuan standar zakat yang wajib dibayarkan.

“Dan juga standarisasi uang itu sesuai dengan Imam Hanafi yaitu sistem pengalinya sebesar 3,8 kilogram. Jadi standarnya itu sudah mendekati Rp9.000, yang menghasilkan nominal dari 3 kelas zakat tadi, Jadi ketetapan sudah diputuskan, hanya tinggal menunggu SK dari Walikota Samarinda saja,” ucap Junaidin.(MSD/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here