Oleh : Andrie Aprianto

Poskaltim.com, Balikpapan — Banyak cara untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan seseorang di bulan suci Ramadhan ini. Seperti yang dilakukan oleh para pelajar di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Balikpapan ini.

Para murid dan gurunya menggelar Pesantren Ramadhan di tiap hari Jumat. Sebanyak 200 murid dari kelas tujuh, delapan dan sembilan secara khusyuk mengikuti kegiatan ini yang dilaksanakan di masjid Baitul Ilmi SMPN 3.

Pada Jumat pertama kali ini pihak sekolah SMPN 3 Balikpapan menghadirkan penceramah dari Binmas Polres Balikpapan, yaitu Iptu Joko Sunarto yang juga sebagai Kanit Bintibmas Sat Binmas Polres Balikpapan.

Dalam ceramahnya Joko Sunarto menyampaikan jika bulan Ramadhan sebagai bulan penuh berkah dan pengampunan, dimana setiap manusia yang berpuasa akan di uji untuk melawan hawa nafsunya.

“Sangat baik kegiatan yang dilaksanakan, sehingga para murid bisa memahami dan memaknai arti Puasa di bulan yang lebih berkah ini” ujar Joko Sunarto.

Sementara itu, Humas SMPN 3 Nining Suryati mengatakan, kegiatan ini sengaja dilaksanakan setiap bulan Ramadhan, selain kegiatan ceramah agama, juga dilaksanakan tadarus Al Quran di kelas masing masing sebelum jam pelajaran pertama dimulai dengan didampingi oleh wali kelas masing masing.

“Ini sudah sering dilakukan, mungkin sudah yang ke lima tahunnya. Kita juga tiap pagi diawali baca Quran di mulai kelas delapan dilanjutkan kelas tujuh dan sembilan,” ujarnya.

Kegiatan pesantren Ramadhan ini dilakukan selama empat jam, dimulai dari pukul 08.00 hingga pukul 11.00 Wita. Penceramah yang dihadirkan selalu bergantian, ada yang dari pihak sekolah dan penceramah dari luar, hingga pihak kepolisian.

Kegiatan di bulan Ramadhan yang di gelar ini sudah menjadi tradisi Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 sehingga para murid bisa mendapatkan ilmu agama tambahan selama di bulan Ramadhan.(AND/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here