Hari pertama pelaksanaan Penerimaan  Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang Sekolah Dasar (SD) di Kota Balikpapan mengalami gangguan pada sistem online jalur umum atau reguler. Akibatnya terjadi antrean cukup panjang di beberapa sekolah.

Oleh: Andrie Aprianto

Poskaltim.com, Balikpapan — Hari pertama pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang Sekolah Dasar (SD) di Kota Balikpapan mengalami gangguan pada sistem online jalur umum atau reguler. Akibatnya terjadi antrean cukup panjang di beberapa sekolah.

Salah satu sekolah yang terpantau adalah SDN 030 Balikpapan Utara. Di sekolah yang berlokasi di Kampung Timur, Kelurahan Gunung Samarinda Baru ini, telah terjadi gangguan internet sejak pukul 08.30 Wita. Sehingga proses input data pun tidak bisa dilakukan.

Salah seorang tua siswa mengaku kecewa atas gangguan tersebut, dan beberapa lainnya juga menyampaikan kekecewaan karena harus menunggu hingga berjam-jam.

“Ini lagi gangguan, katanya belum bisa proses pendaftaran. Tadi kita disuruh balik dulu, tapi kalau mau nunggu juga nggak apa-apa. Gangguannya belum tau sampai jam berapa ini,” ujar Santi, Senin (1/7).

Hal serupa juga disampaikan Andre. Ia mengaku kecewa lantaran harus menunggu terlalu lama proses jalur umum atau reguler ini. Ia juga menilai sosialisasi PPDB online masih sangat kurang. Sebab, masih banyak orang tua yang belum mengerti dengan baik sistem yang berlaku itu. Hal itu membuat orang tua harus bolak-balik ke sekolah.

“PPDB online ini masih membuat orang tua kebingungan. Ditambah lagi terjadi gangguan sistem, buat orang tua panik dan khawatir,” ujarnya.

Sementara itu Ketua PPDB SDN 030 Balikpapan Utara, Mohammad Ramdani mengatakan, gangguan yang terjadi pada PPDB hari pertama ini hanya untuk pendaftaran jalur umum atau reguler. Sementara untuk zonasi masih bisa dilakukan.

“Gangguan khusus pendaftaran yang reguler saja. Di sistem nama SD-nya itu tidak muncul. Tapi yang zonasi itu langsung muncul otomatis,” jelasnya.

Lanjut Dani, gangguan ini terjadi di seluruh Sekolah SD di Balikpapan. Dan saat ini masih dilakukan komunikasi dengan pihak Operator yaitu Dinas Pendidikan Balikpapan persoalan waktu pemulihan sistem yang bermasalah.

“Info dari operator memang seluruh Balikpapan terjadi gangguan. Tidak hanya SDN 030 Balikpapan Utara saja. Jadi yang online SD/SMP itu belum bisa. Ganguan sistem. Untuk watunya belum bisa kita pastikan, masih komukasi dengan operator yang di Dinas Pendidikan. Mudah-mudahan cepat,” terangnya.(AND/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here