Para nasabah dipersilahkan mengecek saldo masing-masing, karena proses normalisasi telah normal kembali. Pernyataan ini dikeluarkan setelah pihak bank melakukan proses normalisasi saldo rekening nasabah.

Oleh: Suandri Ansah / Yuliawan A

Poskaltim.com, Jakarta — Pihak Bank Mandiri menyatakan seluruh sistem data keuangan mereka sudah pulih kembali. Para nasabah dipersilahkan mengecek saldo masing-masing, karena proses normalisasi telah normal kembali.

Pernyataan ini dikeluarkan setelah pihak bank melakukan proses normalisasi saldo rekening nasabah.

“Layanan tersebut meliputi mandiri online, internet banking, sms banking, ATM dan EDC,” ujar Corporate Secretary Bank Mandiri, Rohan Hafas dalam keterangan medianya, Sabtu (20/7).

Rohan menjelaskan, nasabah dapat bertransaksi normal dengan seluruh alat pembayaran Mandiri. “Sekali lagi mohon maaf atas ketidaknyamanannya, saat ini layanan sudah pulih dan kami senantiasa memastikan keamanan rekening nasabah.” kata Rohan.

Pagi tadi, nasabah mengeluhkan adanya ketidakwajaran dalam rekening mereka. Warganet di media sosial twitter pun meminta penjelasan atas berubahnya saldo rekening kepada akun resmi Bank Mandiri.

Terdapat nasabah yang mengaku saldo di rekeningnya bertambah secara drastis dan nasabah yang tiba-tiba mendapati saldonya menjadi angka nol. Perubahan saldo rekening Bank Mandiri menjadi sorotan sejumlah nasabah. Padahal, tidak ada transaksi yang dilakukan.

Nasabah juga tidak bisa mengakses uang yang di simpan di bank tersebut via anjungan tunai maupun sistem perbankan online. Saat reporter Indonesiainside.id mengecek ke beberapa anjungan tunai mandiri di seputaran Bangka, Jakarta Selatan hanya ditemui tulisan “Maaf ATM Tidak Bisa Digunakan”.

Transaksi via anjungan tunai bersama dan anjungan tunai lintas bank pun percuma. “Transaksi Gagal, hubungan komunikasi terputus dengan penerbit bank kartu,” tertera pada anjungan tunai bersama saat melakukan pengecekan saldo dan tarik tunai.

Pihak bank pun segera menyampaikan permohonan maaf terhadap ketidaknyamanan yang dialami nasabah terkait dengan perubahan saldo rekening. Mereka menjamin saldo nasabah akan segera pulih.

Kepanikan sepanjang hari Sabtu ini akhirnya dapat teratasi dan pihak Bank Mandiri meminta maaf atas ketidaknyamanan nasabah.

“Saat ini kami informasikan dan tegaskan bahwa perubahan tersebut terjadi pada saat perpindahan proses dari core system ke back up system yang rutin dilaksanakan di akhir hari. Namun pada kali ini, terjadi error pada data saldo 10% nasabah Bank Mandiri,” kata Rohan.(YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here