Hotspot terbanyak terdapat di Sumatera Selatan, yakni berjumlah empat titik. Kemudian di Riau tiga titik, Sumetera Barat dua titik dan Lampung satu titik.

Oleh: Bayu Derriansyah / Yuliawan A

Poskaltim.com, Pekanbaru -– Sebanyak 10 titik panas (hotspot) terdeteksi di Pulau Simatera pagi hari ini , Sabtu (13/7). Dari pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sepeuluh titik panas tersebut, tersebar di empat daerah.

Hotspot terbanyak terdapat di Sumatera Selatan, yakni berjumlah empat titik. Kemudian di Riau tiga titik, Sumetera Barat dua titik dan Lampung satu titik. Tiga titik panas yang terdeteksi di Provinsi Riau, terdapat di wilayah Rokan Hilir satu titik dan Siak dua titik.

Berdasarkan pantauan BMKG melalui satelit SNPP, 1 titik yang berada di Siak, berada pada tingkat kepercayaan 100 persen. Dengan demikian, titik tersebut diperkirakan merupakan titik api.

Sementara itu, dengan kondisi cuaca yang diperkirakan tidak akan terjadi hujan, potensi terjadinya kebakaran di Riau hari ini sanagt tinggi.

Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru, Marzuki mengatakan, berdasarkan analisa dari parameter cuaca, potensi terjadinya kebakaran di selselu wilayah Riau berada pada level sangat mudah terbakar.

“Potensi kemudahan terjadinya kebakaran ditinjau dari analisa parameter cuaca, hampir seluruh wilayah Riau berada di level sangat mudah (terbakar),” ungkapnya.(YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here