Oleh: Abdul Rasyid Z ? Yuliawan A

Poskaltim.com, Mataram – Buah jipang atau yang lebih dikenal dengan nama labu siam, tidak hanya diolah menjadi sayuran. Buah yang satu ini juga bisa diolah menjadi tepung sebagai bahan dasar membuat aneka kue yang bercita rasa sangat lezat.

Misalnya kue Brownies Jipang. Brownies Jipang dibuat khusus dengan menggunakan campuran tepung jipang dan tepung singkong. Rasanya, dijamin jauh lebih enak dan gurih dari yang lain.

Berawal dari keprihatinannya terhadap buah jipang yang banyak dibuang masyarakat di daerah tempat tinggalnya, Lina, gadis 24 tahun berinovasi. Gadis asal Dusun Penyangkar, Desa Pringgajurang Utara, Kecamatan Montong Gading, Kabupaten Lombok Timur, ini mengolah buah jipang menjadi tepung. Dan dari bahan tepung itulah ia mencoba membuat aneka jenis makanan ringan.

‘’Banyak yang bilang kalau makan buah jipang itu bikin sakit kaki dan kaki dingin. Tapi saya coba berinovasi bagaimana agar buah jipang itu bisa tetap dinikmati tanpa harus makan buahnya langsung,” kata Lina, saat ditemui di rumahnya di Kota Mataram, Selasa (6/8).

Dari coba-coba, akhirnya buah Jipang tidak hanya bisa diolah menjadi tepung, tetapi juga menjadi bahan pengembang kue atau lebih dikenal dengan sebutan SP. ‘’Daripada dibuang sia-sia. Jadi lebih baik kita olah,’’ ucapnya.

Jipang yang diolah menjadi tepung tersebut, kemudian digunakan Lina sebagai bahan dasar kue Brownies yang diberi nama Brownies Jipang. Tidak seperti Brownies pada umumnya, Brownies ini sebagian besar bahan dasarnya memanfaatkan produk lokal seperti gula merah, singkong dan yang menjadi andalan adalah tepung Jipang.

‘’Kita ingin berdayakan masyarakat lokal juga. Jadi bahan dasar yang kita gunakan kita ambil dari masyarakat lokal sendiri. Buat apa kita susah cari bahan keluar kalau di daerah sendiri banyak,’’ ujar gadis yang memang hobi membuat kue ini.

Selain itu, Brownies Jipang dibuat khusus dengan menggunakan campuran tepung Jipang dan tepung Singkong. Sehingga dari segi rasa mampu bersaing. ‘’Rasa dijamin lebih enak dari yang lain,’’ katanya.

Selain menekankan rasa yang berbeda, olahan kue dengan bahan dasar tepung jipang ini juga memiliki tekstur yang lembut dan renyah. ‘’Kue ini cocok sebagai cemilan sehat apalagi buat yang mau diet. Karena tidak mengandung protein yang tinggi. Bebas kandungan gluten juga. Kan gluten itu yang bikin orang cepat gemuk,’’ ujarnya.

Lina berharap inovasinya ini bisa lebih dikenal masyarakat luas. Tidak hanya di lokal saja namun hingga mancanegara. ‘’Semoga produk ini bisa membuka mata masyarakat agar cinta terhadap kekayaan alam kita dan mencintai produk lokal. Semoga bisa ekspor ke luar negeri juga biar orang tahu tentang produk khas NTB sehingga mereka bisa mendapatkan manfaatnya,’’ ujarnya.(YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here