Konflik antar warga Penajam Paser Utara yang terjadi akibat buntut perkelahian remaja. Setelkah didamaikan, situasi kembali aman terkendali.

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Penajam – Situasi keamanan di sekitar pelabuhan penyeberangan kapal speedboat dan kapal Klotok (kapal kayu), Kecamatan Penajam sempat mencekam manakala ratusan orang berteriak-teriak sambil membawa senjata tajam di sekitar area pelabuhan tradisional tersebut.

Keributan ini buntut dari tewasnya seorang pemuda bernama Chandra (18) dan seorang lainnya bernama Rian yang mengalami luka berat. Penusukan dua pemuda ini terjadi pada Rabu malam pekan lalu (9/10), di obyek wisata Pantai Nipah-Nipah, Kecamatan Penajam.

Polres Penajam Paser Utara (PPU) bekerjasama dengan Polres Balikpapan, melakukan pengejaran karena ada tiga pemuda yang usai keributan langsung melarikan diri ke Kota Balikpapan. Saat ini pelaku sudah ditangkap dan sudah diamankan di Polres Penajam. Dari tiga yang diperiksa, diperkirakan penusukan dilakukan oleh satu orang yang tidak disebutkan namanya.

Pada Rabu siang (16/10) tadi sekitar pukul 13.30 Wita, keluarga korban menuntut agar pelaku dan keluarga pelaku untuk diusir dari Kecamatan Penajam. Seratusan orang memenuhi pelabuhan speedboat dan klotok. Bahkan massa semmpat membakar loket karcis penyeberangan. Akibat dari tuntutan inilah, terjadi suasana yang mencekam.

Pertemuan pihak keamanan dan tokoh masyarakat, berhasil mendamaikan warga yang bertikai, sehingga konflik tidak meluas.
Kapolres PPU, AKBP Sabil Umar melalui Kasat Reskrim AKP Dian Puspitosari dalam pesan berantai kepada wartawan mengatakan akan memberikan lebih lanjut, terkait keributan warga yang berbeda suku ini.

Hingga petang sekitar pukul 19.00 Wita situasi sudah dapat terkendali dan massa suda kembali ke rumah masing-masing.

“Situasi malam ini sudah aman dan tidak ada konsentrasi massa karena Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto langsung mendatangi lokasi kejadian untuk menenangkan warga dan berkoordinasi dengan Polres PPU,” ujar warga yang tidak mau disebutkan namanya.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here