Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda – Tugas utama personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) di daerah perbatasan RI-Indonesia sisi tapal batas Kabupaten Nunukan dan Negeri Sabah Malaysia Timur, adalah mengawal NKRI dari bahaya dan ancaman penyusup dari luar negeri.

Selain tugas pokok yang wajib dijalankan setiap hari, di waktu luang, Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 600/Modang, juga mengajar anak sekolah tingkat dasar di sekolah pada pagi hari dan mengajar anak-anak mengaji Al Quran pada sore harinya.

Adalah Sersan Satu Haris berinisiatif memberikan pembekalan dasar di bidang agama bagi anak-anak di desa Desa Sei Manggaris tepatnya daerah Sungai Ular. Dalam rilis yang diterima pada Rabu (11/9) dijelaskan jika selain menjaga di sekolah dasar, mengajarkan baca tulis Al Quran, personel TNI juga memberikan warga pengetahuan tata cara bercocok tanam dan berkebun.

Dansatgas Yonif Raider 600/Modang Mayor Inf Ronald Wahyudi menuturkan banyaknya anak usia di bawah 10 tahun berminat memperdalam ilmu agama dan baca Al Quran, pihak TNI membuat pondok belajar untuk anak-anak yang ingin belajar mengaji di depan Pos TNI Sungai Ular.

“Di Pondok berukuran 2,5×4 meter ini anak-anak belajar membaca ayat suci Al Quran dengan bimbingan personel pos kami. Tahap demi tahap tingkat demi tingkat minat anak-anak yang awalnya hanya berjumlah 5 sampai 8 orang mulai bertambah setiap minggunya, dan saat ini tercatat sekitar 20 anak-anak beragam usia rajin setiap sore datang ke Pos Perbatasan untuk menimba ilmu agama dan mempertebal pondasi agama mereka,” ujarnya.

Dijelaskan, jika sarana pendidikan tidak saja melalui pendidikan formal. Apalagi di wilayah perbatasan RI-Malaysia, pendidikan formal sangat sulit didapatkan karena lokasinya yang jauh dari rumah warga.

“Rencana program ini akan kami jadikan program tetap kami dan akan kami sosialisasikan ke seluruh jajaran Pos Satgas Yonif Raider 600/Modang supaya dapat lebih dekat lagi dengan masyarakat sekitar,” ujar Mayor Inf Ronald Wahyudi.

Yonif Raider 600/Modang adalah bagian dari kesatuan Korem 091 Aji Suryanatakesuma yang berkedudukan di Samarinda, Kalimantan Timur. Walau berbeda provinsi dengan Kaltim, namun wilayah perbatasan ini masih termasuk dalam bagian Korem 091 ASN dan bagian besar dari Kodam VI Mulawarman yang bermarkas di Kota Balikpapan.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here