Oleh : Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda – Bermacam destinasi wisata di Kota Samarinda mendapatkan apresiasi dari Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kaltim, Tutuk SH Cahyono yang menilai bahwa sektor pariwisata di Samarinda telah maju dan berkelas.

Dirinya melihat, pesatnya perkembangan dan potensi pariwisata di Samarinda dan umumnya di Kaltim, lambat laun akan dapat menjadi sektor yang menjanjikan dalam meraup devisa selain sektor andalan yang selama ini menopang ekonomi Kaltim, yaitu minyak, gas dan batu bara.

“Di Kaltim, khususnya di Samarinda destinasi pariwisatanya beragam. Bahkan Kaltim itu punya modal sangat besar dalam pengembangan pariwisata. Hanya saja pengembangannya yang perlu ditingkatkan, sehingga ini bisa berdampak besar bagi masyarakat dalam pertumbuhan ekonomi,” ujarnya, Sabtu (12/10).

Tutuk juga menjelaskan bahwa sektor pariwisata bisa mengalahkan PAD yang berasal dari sektor migas. Ia yakin, dengan pengelolaan yang baik dan benar, pengembangan sektor pariwisata berdampak langsung pada masyarakat, khususnya warga sekitar.

“Modal paling besar yang dimiliki oleh Kaltim itu adalah keberagaman. Modal awal pembangunan sektor pariwisata ini yah dari situ, keberagaman dan dapat menciptakan keamanan yang kondusif” ucapnya.

Tutuk menyebutkan sektor pariwisata unggulan Kaltim yang berada di Kabupaten Berau, seperti Pulau Derawan, Kakaban, Sangalaki dan Maratua serta gugusan pulau-pulau kecil lainnya.

Di Pulau Derawan, Bi Kaltim bahkan membanun plaza untuk wisatawan yang ingin berfoto dan menjadi penanda bahwa mereka pernah menginjakkan kaki ke Pulau Derawan di Berau.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here