Amalan kebaikan akan mengantarkan pelakunya menuju pintu-pintu surga. Pintu surga itu bisa melalui puasa, mengantarkan jenazah, memberi makan fakir miskin, dan menjenguk mereka yang sedang terbaring sakit.

Oleh: Herry M Joesoef /Yuliawan A

Poskaltim.com, Jakarta – Banyak jalan menuju surga. Begitupun dengan banyaknya amalan-amalan yang dapat membawa seseorang ke surga nan dijanjikan. Amalan kebaikan akan mengantarkan pelakunya menuju pintu-pintu surga. Pintu surga itu bisa melalui puasa, mengantarkan jenazah, memberi makan fakir miskin, dan menjenguk mereka yang sedang terbaring sakit.

Untuk mendapat gambaran yang jelas tentang hal itu, mari kita simak hadits berikut ini. Dinarasikan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda, “Siapakah di antara kalian yang pagi ini sedang berpuasa?”

“Saya,” jawab Abu Bakar ash-Siddik.

BacaJuga
Rahasia Waktu Subuh
Mengapa usai Shalat mesti Beristighfar?
“Siapa di antara kalian yang hari ini telah mengantarkan jenazah?” tanya Rasulullah.

“Saya,” jawab Abu Bakar.

“Siapa di antara kalian yang hari ini telah memberi makan orang miskin?” tanya Rasulullah.

“Saya,” jawab Abu Bakar.

“Siapa di antara kalian yang hari ini telah menjenguk orang sakit?”, tanya Rasulullah.

“Saya,” jawab Abu Bakar.

Setelah itu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda, “Tidaklah semua itu ada pada seseorang kecuali dia pasti akan masuk surga.” (HR. Imam Muslim)

Begitu mendengar Abu Bakar melakukan amalan-amalan yang mengantarkannya menuju surga dalam sehari itu, Umar Ibn Khaththab berkomentar, “Untuk urusan yang satu ini saya tidak sanggup melampaui Abu Bakar.”

Abu Bakar adalah tipe manusia Mukmin yang kaffah, yang melaksanakan ajaran Islam secara total, baik individual maupun sosial. Dalam hadits diatas, amalan untuk diri yang bersifat individual adalah puasa; sedangkan mengantar jenazah, memberi makan fakir miskin, dan menjenguk orang sakit adalah amalan sosial.

Memadukan semua amalan individual dan sosial akan mengantarkan seseorang menuju surga. Jadi, jika ingin masuk surga, ikuti dan teladani apa yang dilakukan oleh Abu Bakar, sebagaimana tergambar dalam dialog antara Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam dengan para Sahabat tersebut diatas. (YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here