Gubernur Kaltim, Isran Noor mengumumkan pemberian remisi secara simbolis kepada warga binaan dalam peringatan HUT RI Ke-74 di Samarinda.(Foto:humasprovkaltim)

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda — Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia tahun 2019 di Provinsi Kalimantan Timur. Gubernur Kaltim Isran Noor menyerahkan remisi umum secara simbolis kepada 5.829 orang narapidana di seluruh Kaltim.

Isran Noor mengucapkan selamat kepada warga binaan pemasyarakatan yang mendapatkan remisi umum, pemotongan masa tahanan dua bulan sampai enam bulan, termasuk warga binaan yang mendapatkan remisi bebas sepenuhnya pada 17 Agustus 2019 esok.

“Remisi yang diberikan pemerintah kepada warga binaan pemasyarakatan merupakan bentuk apresiasi kepada warga binaan yang berperilaku baik selama masa tahanan. Bagi yang mendapat remisi bebas diharapkan tidak kembali lagi (ke penjara) dan bisa berkumpul kembali bersama keluarga,” pesan Isran Noor, usai menyerahkan remisi umum kepada warga binaan, di lapangan Lapas Kelas IIA Jalan Jenderal Sudirman Samarinda, Jumat (16/8).

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kaltim Yudi Kurniadi mengatakan, remisi umum yang diberikan dalam rangkaian HUT ke-74 RI tahun 2019 untuk Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (Kaltimtara) sebanyak 5.829 orang.
Pemberian remisi terdiri dari remisi umum I atau pengurangan masa tahanan, diterima oleh 5.753 orang dan remisi umum II atau bebas langsung, diberikan kepada 76 orang.

“Remisi ada hak bagi warga binaan pemasyarakatan. Remisi sendiri menjadi stimulus narapidana agar berkelakuan baik sehingga mampu menjadi masyarakat produktif,” katanya.

Lanjut Yudi, pemberian remisi ini sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas diri dan memotivasi diri warga binaan lain agar berkelakuan baik. Remisi juga menjadi solusi menurunkan kapasitas lapas yang melebihi kapasitas (overload) yang berujung pada penghematan anggaran pemerintah.

“Bagi narapidana yang melanggar peraturan hukum, disiplin, maupun tata tertib tidak akan mendapatkan remisi,” tegas Yudi.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here