Oleh : Andrie Aprianto

Poskaltim.com, Balikpapan –– Calon Wakil Presiden 02 Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan beberapa kenangan saat melakukan bisnis di Balikpapan. Sandi-sapaan akrab Sandiaga dulunya adalah pengusaha yang menggeluti usaha di sektor minyak dan gas (migas). Tak heran dirinya kerap bepergian ke Balikpapan yang berjuluk kota minyak, karena kota ini merupakan produsen migas sejak jaman penjajahan Belanda.

“Saya dulu waktu jadi pengusaha sering ke Balikpapan, usaha saya di bidang migas dan bidang energi. Alhamdulillah (di Kota Balikpapan) ini memberikan kenangan, ‘sweet memories’ lah bagi saya,” kata Sandiaga di Pasar Segar, Balikpapan, Kamis malam (4/4) malam usai melakukan pertemuan dengan para pengusaha muda dan milenial.

Dirinya juga menyampaikan keprihatinannya, ketika saat ini pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Timur mengalami pelemahan secara signifikan sejak beberap tahun terakhir.

Menurutnya, hal ini disebabkan pengelolaan sumber daya alam seperti migas dan pertambangan batu bara yang kurang baik serta terkesan dikelola tidak secara profesional.

“Ini menjadi PR (Pekerjaan Rumah) buat Prabowo-Sandi untuk pengelolaan sumber daya primer yang lebih baik, memastikan sumber energi dengan harga yang terjangkau,” kata pria asal Makassar ini.

Sandiaga juga berkeinginan untuk menjadikan Kaltim sebagai daerah yang berswasembada, baik itu swasembada energi maupun swasembada pangan.

Selain itu, visi misinya bersama Capres Prabowo, dirinya ingin membuka lapangan kerja untuk para milenial dan pengusaha muda yang saat ini dirasakan susah mencari kerja.

“Dua pilar pertama dari One Kecamatan One Center Enterpreneurship (OK OCE) adalah menghasilkan kewirausahaan dan melakukan strukturisasi industri seperti energi, manufaktur dan pertanian,” tegasnya.

Kedatanan Sandiaga Uno ke Balikpapan dalam rangka untuk melaksanakan kampanye Pemilu 2019 pada Jumat pagi di Kota Balikpapan. Di Pasar Segar ini, dirinya disambut oleh ratusan kaun “emak-emak” yang berebut untuk swafoto dengan dirinya.(AND/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here