Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Festival Olahraga Rekreasi Nasional Ke-5 (Fornas V) tahun 2019.

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda – Kota Samarinda akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Festival Olahraga Rekreasi Nasional Ke-5 (Fornas V) tahun 2019.

Walikota Samarinda Syaharie Jaang merasa gembira dan berjanji akan mendukung habis-habisan suksesnya pelaksanaan festival yang berlangsung pada 15-17 November mendatang.

“Ini momentum luar biasa yang harus kita sambut dan jangan disia-siakan. Sehingga ajang perhelatan olahraga tradisional yang dapat terlaksana dengan baik, lancar dan sukses. Kehadiran 15.000 peserta se-Indonesia akan memberi efek lainnya,” ucap Walikota Samarinda, Syaharie Jaang, Senin (22/7).

Ajang Fornas, ujar Jaang, akan membawa suasana nostalgia bagi para orang tua yang lahir pada era 60 dan 70-an silam. Sehingga dirinya mengimbau masyarakat untuk turut menyaksikan aneka lomba permainan tradisional yang pernah jaya saat dulu dan hampir tidak pernah lagi dimainkan lagi oleh anak-anak perkotaan.

Beberapa permainan yang akan dilombakan diantaranya lompat tali, asinan naga, ular tangga, egrang, bola bekel, balap karung, hingga permainan gasing dan kasti.

Sementara Kepala Dispora Kaltim Muhammad Sirajudin mengharapkan dukungan penuh walikota dan masyarakat Samarinda untuk suksesnya Samarinda sebagai tuan rumah nanti.

“Kita akan menggunakan empat lokasi atau arena pertandingan, dua diantaranya milik Pemkot yaitu GOR Segiri dan sarana olah raga di Polder Air Hitam, serta dua arena lainnya berada di Stadion Madya Sempaja milik Pemprov Kaltim serta Pusat Perbelanjaan Bigmall milik swasta,” jelasnya.

Fornas V di Samarinda, Kaltim ini akan mengambil tema “Pemberdayaan Olahraga Rekreasi-Masyarakat Mendukung Kesuksesan Pembangunan SDM Indonesia”. Selain festival olahraga, juga ada kegiatan bazaar, pameran, dan gelar budaya.

“Kami berkeyakinan kegiatan ini memiliki dampak positif dalam menunjang perekonomian Samarinda,” ujar Syirajudin.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here