Lomba perahu naga yang menjadi salah satu daya tarik Festival Mahakam setiap tahunnya.

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda – Pemerintah Kota Samarinda akan menggelar Festival Mahakam Ke-19 yang akan dilaksanakan pada bulan November tahun ini. Kegiatan yang telah masuk dalam 100 Wonderful Event Indonesia di Kementerian Pariwisata RI, menjadi agenda rutin Pemkot Samarinda untuk menarik wisatawan.

“Alhamdulillah, Festival Mahakam tahun ini kembali menjadi kalender acara Kementerian Pariwisata dalam 100 Wonderful Event Indonesia. Untuk itu, kita panitia akan tetap memberikan gelaran pesta rakyat yang bukan hanya untuk warga Samarinda maupun Kaltim, tapi disajikan untuk undangan dari luar daerah,” ujar Ketua Panitia Festival Mahakam XIX tahun 2019, Sugeng Chairuddin kepada media, Senin (7/10).

Sugeng mengatakan tujuan diselenggarakannya Festival Mahakam ini untuk menggali, melestarikan, serta mempromosikan potensi wisata di Sungai Mahakam sebagai destinasi unggulan Kota Samarinda. Festival Mahakam yang akan dilaksanakan pada 1-3 November ini, lanjut Sugeng, turut dihadiri tim kebudayaan dari negara Latvia.

“Jika tahun lalu ada tim kebudayaan Spanyol, Prancis dan Italia, Insya Allah tahun ini dihadiri juga dari Latvia. Rencana masih ada beberapa negara lagi yang turut memeriahkan Festival Mahakam ini,” ucap Sugeng Chairuddin yang juga Sekretaris Daerah Kota Samarinda.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Samarinda, I Gusti Ayu Sulistiani mengatakan gelaran Festival Mahakam tahun 2019 tetap mengusung berbagai aktivitas kegiatan di sungai dan di darat.

“Sungai Mahakam sebagai ikon festival akan melombakan berenang menyeberangi Sungai Mahakam, balap perahu naga, balap kapal tambangan, power boating, perahu dompeng hingga jet ski,” terang Ayu.

Selain itu, tidak ketinggalan atraksi budaya akan turut ditampilkan berupa penampilan seni musik, tarian daerah, dan beberapa kegiatan lomba seni.

Arena lomba dan aneka kegiatan membentang sepanjang jalan GaJah Mada, RE Martadinata hingga Atrium pusat perbelanjaan Big Mall Jalan Untung Surapati yang berhadapan langsung dengan Sungai Mahakam.

“Untuk yang ingin berpartisipasi dalam berbagai lomba dapat langsung ke Sekretariat Festival Mahakam di kantor Dinas Pariwisata Samarinda Jalan Dahlia No.69 Samarinda,” ujar Ayu.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here