Kepala Dinas Pendidikkan dan kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan Muhaimin mengingatkan semua pihak agar bersih dari pungli pada PPDB 2019 karena tim saber pungli turut mengawasi

Oleh: Andrie Aprianto

Poskaltim.com, Balikpapan — Pemerintah Kota Balikpapan memastikan tidak boleh ada pungutan liar (pungli) pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2019-2020 untuk seluruh sekolah.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan Muhaimin, menjawab kekhawatiran sejumlah pihak tentang adanya pungli yang mengakibatkan PPDB berjalan tidak adil.

“Alhamdulilah sudah jelas PPDB Sekolah Negeri tidak dibayar, tidak ada pembiayaan, mudah-mudahan tidak terjadi di Balikpapan soal pungli,” ujar Muhaimin, Jumat (28/6).

Muhaimin menjelaskan, jika masyarakat melihat dan menemukan adanya pungli pada PPDB tahun ajaran ini, maka dipersilahkan langsung untuk melapor ke Tim saber Pungli, Inspektorat maupun Polresta Balikpapan, karena masing-masing instansi tersebut telah membuka Posko penerimaan aduan pungli PPDB 2019-2020.

“Nanti sebelum dibuka pada tangga 1 Juli 2019 kita kumpulkan lagi seluruh kepala sekolah bersama saber Pungli, Ombudsman dan akan melakukan sosialisasi mengenai sumbangan dan pungutan,” ujarnya.

Muhaimin juga memastikan, pihaknya tidak akan main-main dan akan bersikap tegas terhadap sekolah negeri yang coba-coba melakukan pungli saat PPDB, pasalnya akan ada sanksi tegas, hingga pencopotan jabatan kepala sekolah, bahkan ada pidananya.

“Kepala sekolah yang berani melakukan pungli pada PPPD ini akan langsung diusulkan ke Wali Kota untuk dicopot, dan dilaporkan ke tim saber pungli bisa saja ada pidananya,” jelasnya.

Seperti diketahui, pelaksanaan PPDB tahun ini akan berlangsung pada 1-5 Juli 2019. Saat ini atau mulai 24-28 Juni, tengah dilakukan verifikasi dan validasi data untuk beberapa jalur diantaranya jalur luar kota, lulusan paket kesetaraan A dan B, serta lulusan sebelum tahun 2019.

“Kalau sosialisasi PPDB kita sudah lakukan, mulai dari kelurahan, melalui media juga melakukan talkshow, juga melalui media sosial, jadi kalau ada yang tidak tahu, mungkin tidak cari tahu,” tegasnya.(AND/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here