“Waktu Subuh ditentukan 20 derajat di bawah ufuk itu tidak ada fakta ilmiahnya, tidak tahu siapa yang menggunakan metode itu,” kata Ketua Islamic Science Research Network (ISRN) Universitas Muhammadiyah Hamka (Uhamka) Prof Tono Saksono
Oleh: Anisa Tri K / Yuliawan A

Poskaltim.com, Jakarta – Ria Irawan dirawat intensif di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, karena kanker kelenjar getah bening yang dideritanya. Walau sempat kembali bugar dan menjalani aktivitas dengan normal, baru-baru ini Ria Irawan kembali harus terbaring di rumah sakit.

Kakak kandung Ria, Dewi Irawan menjelaskan, kesehatan adiknya sempat melemah. Sel kankernya bahkan telah menyebar ke organ tubuh lainnya seperti otak dan paru paru.

“Dia tuh pas masuk memang kondisinya menurun, tapi mulai dari tanggal 1 September sekarang kondisinya sudah membaik karena sudah ada pengobatan yang sudah berjalan,” ungkap Dewi Irawan, dikutip dari Antara.

Kabar Ria kembali menjalani perawatan medis, dibagikan oleh sang suami, Mayky Wongkar di akun insta story miliknya. Setelah hampir satu minggu menjalani perawatan, kesehatan Ria berangsur membaik. Sang kakak berharap agar adiknya segerapulih kembali.

“Waktu kemarin itu, dia tuh pas masuk memang kondisinya menurun. Tapi dari mulai tanggal 1 September sekarang sudah membaik karena sudah ada pengobatannya, sudah berjalan,” paparnya.

Pihak keluarga dengan setia mendampingi Ria menjalani perawatan. Rencananya, ada sejumlah tindakan medis yang harus dijalani Ria untuk kembali melemahkan sel kankernya.

Sebagai seorang surviver cancer, dalam sejumlah kesempatan dan akun media sosialnya, Ria selalu berbagi kisah tentang proses pengobatan yang tengah dijalaninya.

Ia juga menularkan semangat kepada sesama penderita kanker untuk terus berjuang bersama. Penyakit yang diderita Ria, awalnya dialami pada 2009. Saat itu ia mengetahui ada miom di dalam rahimnya.

Namun, kala itu Ria menghindari untuk melakukan operasi pengangkatan rahim. Hingga kemudian ia didiagnosis menderita kanker endometrium atau kanker dinding rahim. (YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here