Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda — Hewan buas mulai dari ular, biawak hingga buaya saat ini masih banyak ditemukan di kawasan Kecamatan Sambutan, Samarinda. Namun, seorang warga yang menjadi anggota i relawan Rescue Sibhara 1303, bernama Sendi Ahmad Noor (19) bertekad menjadi penakluk hewan buas di timnya.

Remaja berusia 19 tahun yang sejak kecil sangat suka dengan hewan reptil dan melata ini, ternyata hobinya yang suka hewan buas mendapat dukungan dari kedua orang tuanya. Oleh sang ayah yang juga penggemar reptile, Sendi diajarkan menangkap dan menaklukan hewan buas tersebut dengan aman.

Ketakutan juga sudah tidak pernah muncul lagi dibenaknya, manakala dirinya menangkap hewan berbahaya tersebut. Meskipun beberapa kali pernah digigit ular, Sendi tidak pernah jera atau trauma.

“Sudah tidak takut lagi sih sama ular ataupun buaya sama biawak. Karena sudah terbiasa . Malah saya anggap kayak teman saya,” ungkapnya kepada Poskaltim.com Kamis (8/8) sore.

Aksi Sendi bersama tim relawan Sibhara 1303 baru-baru ini adalah menangkap biawak di kawasan Jalan Pelita 3 Gang Anisa yang sempat menggegerkan warga. Biawak dengan ukuran 1,5 meter ini kerap memangsa hewan ternak warga seperti ayam.

Awalnya dirinya serta tim rescue mendapat laporan warga bahwa ada biawak yang masuk kedalam rumah. Dengan sigap, Sendi bersama tim langsung mendatangi lokasi dan melakukan penangkapan biawak besar tersebut.

“Tidak ada kesusahan. Karena biasa menangkapnya. Lagi pula ini saya lakukan untuk membantu warga. Sebenarnya hewan ini tidak akan melukai jika tidak diganggu. Biawak ini cuma mau cari makan ke rumah warga,” ucapnya.

Sendi mengaku dirinya pernah memiliki belasan ekor ular dari berbagai jenis. Baik ular berbisa maupun tidak berbisa. Namun saat ini, sudah banyak yang ia kembalikan ke habitatnya. Jadi hanya tersisa satu ekor yang masih dalam perawatan.

“Ular-ular tersebut sudah saya lepaskan lagi ke alam liar di sekitar pinggiran Kota Samarinda. Kan masih banyak hutan yang tidak dihuni warga. Masih ada satu ekor di rumah, dalam perawatan. Nanti juga akan saya lepaskan,” ujarnya tersenyum.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here