Relawan bencana Sibhara yang berperan aktif membantu setiap terjadinya bencana di Kota Samarinda

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda — Relawan Kebencanaan sudah sangat menjamur di Samarinda. Bahkan menurut catatan, Samarinda menjadi kota kedua terbanyak yang memiliki anggota relawan bencana kebakaran setelah Kota Banjarmasin di Kalimantan Selatan. Salah satunya ialah Relawan Sibhara Rescue 1303 yang menjadi andalan warga wilayah Sambutan.

Relawan ini terbentuk dari anggota Keluarga Besar Putra Putri Polri (KBP3) Kaltim yang memiliki naluri dan sertifikat penanganan bencana.

Beberapa kejadian pun sering ditangani oleh Rescue 1303 ini, mulai dari memadamkan api kebakaran, gotong royong, penyelamatan orang tenggelam di sungai sampai menangkap ular yang ada di pemukiman warga.

Ahmadsyah selaku Ketua dari Relawan ini pun mengatakan, bahwa dirinya membentuk satuan ini sebagai wujud kepedulian sosialnya akan kejadian dan perisitiwa yang terjadi di masyarakat. Niat tulus ikhlas membantu menjadi Motivasi setiap anggotanya turun kelapangan.

“Tujuan kami tak lain hanya ingin membantu dengan niat tulus dan ikhlas. Kami tak dibayar, kami tak minta makan, kami hanya ingin menolong karena. Karena bagi kami masyarakat Samarinda khususnya wilayah Kelurahan Sambutan membutuhkan kami sebagai garda terdepan saat bencana terjadi,” ujar Ahmadsyah, Ketua Sibhara Rescue 1303, kepada Poskaltim.com, Rabu (24/7).

Ahmadsyah juga berharap, adanya bantuan dari para donatur untuk mendukung kegiatan mereka dilapangan. Sehingga dalam membantu warga Sibhara Rescue 1303 ini bisa memberikan yang terbaik dan cepat tanggap dalam menolong setiap kejadian yang terjadi. (YAN)