Oleh : Andrie Aprianto

Poskaltim.com, Balikpapan — Memasuki hari ke 12 Pemilu Serentak 2019, rapat pleno di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang ada di Kota Balikpapan, sejauh ini progresnya telah mencapai 90 persen.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha saat melakukan pemantauan ke lokasi PPK Balikpapan Selatan, Balikpapan Utara dan Balikpapan Barat, bersama Walikota Balikpapan dan Kapolres Balikpapan, pada Rabu (1/5) siang.

Noor Thoha menjelaskan, KPU Balikpapan optimistis jika pada tanggal empat mendatang rapat pleno di tingkat PPK akan selesai. Sehingga rapat pleno selanjutnya untuk tingkat kota bisa dilaksanakan.

“Masing-masing Kecamatan hanya sisa dua kelurahan ini, Insya Allah dalam satu dua hari ini semuanya sudah selesai lah,” harapnya.

Lanjut Thoha, dirinya sangat menekankan jika saat ini terdapat pesan yang masih beredar melalui aplikasi Whatsapp terkait calon yang terpilih, menurutnya hal tersebut adalah warta bohong atau hoax dan tidak dapat dipertanggungjawabkan.

“Tolong sekali lagi saya berpesan ke masyarakat untuk tidak percaya terhadap isu pesan yang beredar di whats app itu. Itu hoax,” tegasnya.

KPU Balikpapan baru akan merilis hasil perolehan ini setelah adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Namun, Thoha mengatakan jika proses pengumuman ini masih berlangsung lama.

Saat ditanya soal kendala yang dihadapi PPK selama ini, Thoha mengatakan, terdapat pada perbedaan catatan saksi dengan PPK terkait Form C1. Sehingga hal ini harus melakukan pembongkaran kotak suara lagi.

“Kendalanya itu saat menghitung C1 ada perbedaan angka atau salah tulis antara saksi dengan petugas, ini yang memakan waktu,” ujarnya.

Sementara itu, Walikota Balikpapan Rizal Effendi yang ikut melihat pemantauan PPK menjelaskan, Pemerintah Kota Balikpapan tetap mendukung KPU dalam mensukseskan Pemilu 2019. Bahkan, ujarnya, Pemkot Balikpapan telah menyiagakan tim kesehatan hingga selesainya rapat pleno baik di tingkat PPK atau tingkat Kota nanti.

“Ya, intinya kita mendukung aja lah, kan pemkot juga sudah menyiapkan petugas medis,” ujarnya.(AND/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here