Oleh: Andrie Aprianto

Poskaltim.com, Balikpapan — Rapat pleno tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) telah dimulai di lima lokasi berbeda di Kota Balikpapan, sejak Sabtu (20/4) pagi.

Menurut pantauan Poskaltim.com di rapat pleno PPK Balikpapan Utara yang berlokasi di Aula Kelurahan Gunung Samarinda Baru perolehan suara sementara masih didominasi oleh parpol-parpol besar seperti Golkar, PDI-P, Gerindra, Demokrat dan PKS.

Dan penghitungan suara ini masih untuk tiga kelurahan di Balikpapan Utara yakni Kelurahan Gunung Samarinda Baru, Kelurahan Batu Ampar dan Kelurahan Muara Rapak. Penghitungan suara untuk tiga kelurahan ini diprediksi masih akan berlangsung hingga esok hari.

Jika telah selesai akan dilanjutkan untuk tiga kelurahan lainnya lagi yakni Kelurahan Graha Indah, Karang Joang, dan Gunung Samarinda.

Sejauh ini pelaksanaan rapat pleno tingkat PPK berjalan dengan lancar tanpa ada bantahan dari para saksi atau perwakilan parpol. Hal tersebut diakui oleh Ketua KPU Balikpapan Noor Thoha saat meninjau jalannya rapat pleno di Aula Kelurahan GSB, Sabtu (20/4) sore.

“Alhamdulillah pantauan kami di beberapa PPK yang melaksanakan pleno semua berjalan lancar. Belum ada sanggahan yang sampai membuat tertundanya pleno,” ujar Thoha.

Rapat Pleno sendiri di Kota Balikpapan dilaksanakan di lima lokasi berbeda yakni Balikpapan Kota di Hotel Mega Lestari, Balikpapan Timur di Embarkasi Haji Manggar, Balikpapan Utara Aula Kelurahan GSB, Balikpapan Tengah di Aula Kecamatan dan Balikpapan Barat di Gedung Serba Guna Kecamatan. Sementara Balikpapan Selatan besok Minggu (21/4) baru akan melaksanakannya.

“Kan baru lima yang melalsanakannya, di masing-masing kecamatan kecuali Selatan itu besok (Minggu),” ujarnya.

Khusus untuk Balikpapan Utara Thoha menjelaskan, sengaja pihaknya membagi tiga kelompok rapat pleno, hal ini guna mempersingkat waktu pelaksanaan. Pasalnya jika dilakukan per kelurahan seperti daerah lain, bisa memakan waktu yang sangat lama.

“Disini (Balikpapan Utara) beda dengan lainnya, itu sengaja dilakukan agar mempercepat waktu. Kalo ikut  sama daerah lain satu-satu di Utara bisa 30 hari. Ini aja dibagi tiga estimasi kita bisa 12 harian,” tambahnya.

Lanjut Thoha, rapat pleno ini diberikan waktu mulai 18 April hingga 4 Mei 2019 mendatang. Dan KPU berharap jadwal yang sudah ada tersebut bisa tepat sesuai jadwalnya.

“Mudah-mudahan lah sebelum 30 April sudah selesai semuanya. Setelah ini kan dilanjutkan rapat pleno tingkat Kota lagi, itu tanggal 5 Mei 2019. Jadi masih panjang prosesnya,” tutupnya.(AND/YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here