Ketua PWI Provinsi Kaltim, Endro S Efendi mengutuk tindakan teror terhadap Kantor PWI Aeeh Tenggara dan pembakaran rumah wartawan Serambi Indonsia, Asnawi.

Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Kalimantan Timur, Endro S Efendi mengutuk tindakan teror yang dilakukan terhadap wartawan Serambi Indonesia di Aceh.

Menurutnya, teror yang ditujukan kepada wartawan, adalah bukti bahwa masih ada orang yang belum paham terhadap kerja jurnalistik yang dilindungi oleh undang-undang.

PWI Kaltim, tegasnya, mengutuk tindakan teror yang dilakukan orang tidak dikenal terhadap wartawan Serambi Indonesia di Aceh.
“PWI Kaltim berharap aparat kepolisian bisa segera mengungkap pelaku teror tersebut. PWI Kaltim juga berharap PWI Pusat dapat membentuk tim pencari fakta guna membantu aparat kepolisian agar kasusnya bisa segera terungkap,” ujarnya didampingi Sekretaris PWI Kaltim, Wiwid Marhaendra Wijaya pada Kamis malam (1/8).

Diberitakan sebelumnya, Kapolres Aceh Tenggara, AKBP Rahmad Hardeny Yanto Eko Saputro, telah menerima laporan dan membenarkan kejadian teror pembakaran Kantor PWI Aceh Tenggara.

Kantor PWi Aceh Tenggara yang coba dibakar pada Kamis dini hari tadi.(1/8)
“Kami mendapatkan laporan kejadian ini tadi pagi. Saat ini saya sudah di TKP (tempat kejadian perkara),” ujar AKBP Rahmad saat dihubungi wartawan di Banda Aceh, Kamis siang.

Dari hasil olah TKP saat ini, pihak kepolisian baru menemukan ada bekas minyak dan dinding pintu yang telah hangus terbakar, namun api tidak sempat membesar.

“Dari kejadian itu, pintu kantor PWI Aceh Tenggara pada bagian kanan hangus dibakar dan masih dipasang garis polisi untuk penyelidikan,” ungkapnya.

Sebelumnya, teror pada wartawan ini sudah terjadi pada Selasa (30/7) sekira pukul 01.45 WIB, dimana rumah milik Asnawi, wartawan Serambi Indonesia dibakar oleh orang tidak dikenal (OTK).

Dalam kebakaran tersebut satu unit mobil beserta rumahnya ludes dilalap sijago merah. Diduga, aksi pembakaran itu terkait pemberitaan yang dilakukan oleh Asnawi selama ini.

Dari penelusuran Poskaltim.com di website Dewan Pers diketahui, jika Asnawi, reporter media Serambi Indonesia, Aceh, adalah wartawan muda yang telah lulus sertifikasi Uji Kompetensi Wartawan dengan sertifikat bernomor 7080-PWI/WDa/DP/III/2014/10/01/81.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here