Oleh: Azhar AP

Poskaltim.com, Beijing – Pemerintahan Cina dan Kepulauan Solomon menandatangani perjanjian kerja sama diplomatik, Sabtu (21/9). Kerjasama ini akan menutup posisi Taiwan yang semakin terisolasi di tengah-tengah tekanan dari Beijing.

Cina dan Kepulauan Solomon sepakat menjalin hubungan diplomatik setelah negara kepulauan Pasifik itu mengalihkan hubungannya dengan Taiwan, yang Beijing nyatakan sebagai provinsi Cina dan berusaha memutus hubungan dari masyarakat internasional.

Diplomat tinggi pemerintahan China, Penasihat Negara Wang Yi, menandatangani perjanjian itu dengan Menteri Luar Negeri Kepulauan Solomon Jemermiah Manele. Kesepakatan itu digelar di sebuah wisma pemerintah di Beijing dengan disaksikan para wartawan.

Pekan ini Cina membuka hubungan diplomatik dengan bekas sekutu Taiwan, Kepulauan Solomon dan Kiribati. Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri benar-benar semakin terisolasi lagi.
“Kami yakin bahwa di negara-negara itu semakin banyak orang dengan visi yang akan bergerak maju dan suara mereka bagi keadilan dan sesuai dengan tren sejarah akan didengar.”

Keputusan Kepulauan Solomon dan Kiribati untuk memutus hubungan dengan Taipeh menjadi pukulan bagi Presiden Taiwan Tsai Ing-wen, yang berusaha mencalonkan kembali pada pemilihan presiden Januari 2020. Sejak ia berkuasa tahun 2016, tujuh sekutunya mengalihkan hubungan diplomatik dengan Cina.

Tak hanya Taiwan, Amerika Serikat juga kesal dengan kabar ini. Wakil Presiden Amerika Serikat Mike Pence akhirnya membatalkan pertemuan dengan pemimpin Kepulauan Solomon karena negara Pasifik itu memutus hubungan dengan Taiwan dan beralih ke China.

Kepulauan Solomon adalah negara anggota PBB dan anggota lembaga-lembaga Internasional di bawah PBB seperti WHO, ILO, IMF, UNCTAD, FAO, UNESCO, WMO dan WTO. Kepulauan Solomon adalah negara anggota Persemakmuran Inggris (Commonwealth of Nations), Forum Kepulauan Pasifik (Pacific Islands Forum), Sekretariat Komunitas Pasifik (South Pacific Commission) dan Grup Daerah Afrika, Karibia, dan Pasifik (African, Caribbean and Pacific Group of States). (YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here