Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda — Kerap sering kebanjiran dan akses menuju ke kantor sering macet, Pemerintah Kota Samarinda berkeinginan memindahkan Balai Kota Samarinda ke daerah utara yang berdekatan dengan Bandar Udara Aji Pengeran Tumenggung Pranoto (APT} Pranoto Samarinda.

Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang telah meninjau dan berencana memindahkan pusat pemerintahan Samarinda ke bekas lahan tambang batu bata milik perusahaan PT Lana Harita Indonesia. Rencannya di kawasan tambang tersebutlah pusat perkantoran Samarinda akan dibangun kelak.

“Kita sudah merencanakan untuk komplek perkantoran di Balai Kota bakal pindah, sementara kawasan yang memadai adalah di lahan eks tambang milik Lana Harita ini. Mungkin tahun depan rencana DED (detail engenering desain) sudah dibuat untuk dipresentasikan ke DPRD,” ujarnya Senin (12/8).

Sesekali bercanda, Syaharie Jaang mengatakan kepindahan pusat perkantoran Samarinda memang tidak terinspirasi oleh rencana pemindahan ibu kota negara ke Kaltim, tetapi ia telah lama mengamati masalah banjir dan macet yang menjadikan kantor-kantor dilingkungan Pemkot Samarinda sulit diakses warga.

“Ide ini memang telah lama saya rencanakan. Masa Ibukota Negara aja yang bisa pindah,”seru Jaang bercanda.
Nantinya dalam DED akan kita buat atau hubungkan jalan dari pusat perkantoran ini menuju Jembatan Mahakam Kota II. Sehingga, akan memudahkan warga Samarinda seberang untuk mengakses perkantoran baru tersebut.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here