Oleh: Yuliawan A

Poskaltim.com, Samarinda – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur terus melalui sosialisasi penggunaan pembayaran Quick Response code Indonesia Standard (QRIS) untuk mengurangi penggunaan uang konvensional.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kaltim, Tutuk SH Cahyono mengatakan QRIS ini merupakan inovasi dari sistem pembayaran digital dalam menunjang transaksi sehari-hari.

“Dalam Puncak Pekan QRIS Nasional 2020 di Kaltim kita harapkan agar UMKM semakin berkembang dan transaksi semakin aman dan nyaman. Ini juga dilakukan serentak di seluruh Indonesia kecuali Banten dan Jawa Tengah yang telah terpapar oleh virus Corona,” ujarnya pada Sabtu malam (14/3).

Acara yang dilaksanakan di halaman Kantor BI Jalan Gajah Mada ini, pengunjung dikejutkan dengan adanya protokol standar keamanan anti penyebaran virus Corona (Covid-19) dengan pengecekan suhu tubuh pengunjung menggunakan thermometer gun.

Tutuk menjelaskan keuntungan menggunakan QRIS adalah aman dan nyaman karena tidak direpotkan membawa dompet dan fisik uang. Selain itu, dengan QRIS ini, aplikasi apapun yang dimiliki oleh seseorang, telah dapat digunakan hanya dengan menggunakan satu kode.

Selain itu, jelasnya, dengan menggunakan QRIS pedagang akan terhindar dari ancaman uang palsu dan terbebas dari repotnya mencari uang kembalian bagi pelanggan.

“Terima kasih kepada seluruh peserta pemilik booth dan undangan yang telah hadir pada Puncak Pekan QRIS Nasional 2020 di BI Kaltim. Semoga penggunaan QRIS di Kaltim terus meningkat, UMKM semakin berkembang dan transaksi semakin aman dan nyaman,” harapnya.

Pekan QRIS Nasional 2020 di Kaltim juga dirangkai dengan Fun Run yang diikuti sekitar 500 orang peserta, termasuk Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi. Pada malam puncak BI Kaltim membagi-bagikan hadiah kepada puluhan pemenang dan ditutup dengan penampilan jebolan Indonesia Idol asal Kaltim Chanda Idol.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here