Oleh: Rio AP / Yuliawan A

Poskaltim.com, Palembang — Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, menyebut prestasi cabang olahraga renang di wilayahnya sejauh ini memang belum maksimal. Padahal, Sumatera Selatan sudah memiliki fasilitas kolam renang standar internasional yang berada di Aquatic Stadium, Jakabaring Sport City (JSC) Palembang.

Dia menilai, kondisi ini tentunya masih membutuhkan kerja keras kepengurusan Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Sumatera Selatan.

“Sebagaimana cabang olahraga lainnya, cabang renang juga masih terbuka peluang untuk lebih manju di Sumatera Selatan. Karena kita memiliki venue renang yang dapat dimanfaatkan secara maksimal dalam berlatih maupun untuk mengelar sejumlah kejuaraan,” ujar Herman Deru seusai menerima audensi Sarimuda selaku Ketua PRSI Sumsel di kantor Gubernur Sumsel, Jumat (4/10).

Ia mengaku, dalam mencetak perenang handal tidaklah gampang namun membutuhkan kerja keras dan proses waktu yang cukup lama. Karenanya itu, dia meminta agar kepengurusan renang di Sumatera Selatan dapat mencari solusi terbaik dalam mempercepat munculnya perenang yang dapat diandalkan diberbagai level kejuaran.

“Fasilitas renang kita sudah maksimal, berbagi kejuaraan renang kerap digelar. Ke depan kita butuh pembenahan terutama dalam hal pembinaan atlet sehingga kita bukan saja sukses sebagai penyelenggara, tapi juga sukses dalam prestasi,” kata dia.

Maka dari itu, kepengurusan Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Sumatera Selatan didorong untuk lebih proaktif dalam mencari bibit perenang profesional. “Bisa mencari bibit perenang berprestasi melalui sejumlah event yang digelar mulai dari tingkat kabupaten dan kota hingga tingkat provinsi,” tutur dia.

Sementara itu, kehadiran Ketua PRSI Provinsi Sumatera Selatan, Sarimuda, bertujuan untuk melaporkan agenda persiapan pelantikan kepengurusan PRSI Sumatera Selatan masa bhakti 2019-2023 yang akan digelar pada 8 Oktober 2019. (YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here