Presiden Joko Widodo meminta masyarakat untuk menunggu kepastian dimana lokasi baru pemindahan ibu kota negara. Jika kelengkapan dokumen kajian sudah lengkap segera akan diumumkan.

Oleh: Arif S / Yuliawan A

Poskaltim.com, Jakarta – Kepastian lokasi calon ibu kota negara baru menggantikan DKI Jakarta, akan diumumkan Presiden Joko Widodo setelah seluruh kajian selesai.

“Akan diumumkan kalau sudah waktunya kalau kajian sudah komplet. Kalau masalah-masalah yang ada sudah selesai baru saya sampaikan di mana,” kata Joko Widodo di stasiun Moda Raya Terpadu (MRT) Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Kamis (1/8).

Jokowi mengakui ibu kota Negara Republik Indonesia akan dipindahkan dari Jakarta ke salah satu tempat di Pulau Kalimantan. Saat ditanya apakah lokasi ibu kota baru nanti di Kalimantan Timur, dia belum memastikan.

“Belum, nanti akan diumumkan kalau sudah waktunya,” jawab presiden. Jokowi minta masyarakat menunggu lebih lanjut dengan tenang dan tidak terpancing isu-isu yang tidak benar.

Sebelumnya Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro, mengemukakan bahwa pemindahan ibu kota negara dari Jakarta akan diumumkan oleh presiden. Menurut Bambang, lokasi pemindahan ibu kota ada di Pulau Kalimantan.

Namun, Bambang enggan menyebutkan nama provinsinya. Bambang hanya mengatakan pulaunya di Kalimantan, provinsinya menyusul.

Pada Mei lalu, Presiden Jokowi telah mengunjungi dua tempat di Pulau Kalimantan yang dinilai berpotensi sebagai lokasi ibu kota negara. Kedua lokasi itu adalah di sekitar Bukit Soeharto di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kaltim dan Kabupaten Gunung Mas, di Kalteng. (YAN/INI Network)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here