Suasana video konferensi yang menghubungkan kota dalam Jaringan Palapa Ring, yaitu Kota Merauke, Sorong, Rote, Penajam Paser Utara (PPU), Jakarta dan Sabang.

Oleh : Yuliawan A

Poskaltim.com, Penajam — Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan mengunjungi Provinsi Kalimantan Timur pada bulan November mendatang.

Dalam agendanya, Jokowi akan meresmikan sejumlah proyek pembangunan strategis nasional di Kaltim, diantaranya peresmian jalan tol Balikpapan-Samarinda dan meninjau lokasi pembangunan ibu kota negara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Ini disampaikan Joko Widodo saat video konferensi dengan Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Abdul Gafur Masud dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab PPU. Sedangkan perwakilan Pemprov Kaltim, mewakili Gubernur Kaltim yaitu Kepala Biro Humas, HM Syafranuddin. Acara berlangsung di halaman Kantor Bupati PPU, Senin (14/10).

Dalam video konverensi tersebut Presiden Joko Widodo sempat menanyakan kepada Bupati PPU Abdul Gafur Mas’ud tentang perkembangan ibu kota negara dan bagaimana respon masyarakat PPU.

“Bupati PPU, bagaimana perkembangan ibu kota negara dan bagaimana respon seluruh masyarakat di Kabupaten PPU,” tanya Joko Widodo.

Bupati Penajam Paser Utara, Abdul Gafur Masud dan undangan lainnya serius menyimak pembicaraan Presiden Joko Widodo saat peresmian Palapa Ring
Pertanyaan ini dijawab Bupati Abdul Gafur bahwa seluruh masyarakat Kaltim, terutama warga PPU yang sangat mendukung pemindahan Ibu Kota Negara RI pindah ke Kabupaten PPU.

Jokowi juga berjanji dalam waktu dekat dirinya akan segera berkunjung ke Kabupaten PPU sesuai dengan permintaan Bupati PPU, yang meminta agar Jokowi meninjau langsung lokasi titik nol calon ibu kota negara yang telah disiapkan oleh pemerintah kabupaten.

“Insya Allah awal November saya akan berkunjung ke PPU,” ucap Jokowi yang disambut riuh tepuk tangan undangan yang hadir memenuhi tenda undangan.

Sementara itu, Kepala Biro Humas Pemprov Kaltim, HM Syafranuddin membenarkan rencana kedatangan Presiden Joko Widodo ke Kaltim pada awal November mendatang.

“Dalam kesempatan video konferensi tadi, Presiden Joko Widodo berencana awal November akan berkunjung ke Kaltim. Beliau ingin melihat langsung perkembangan dan kesiapan Kaltim menjadi ibu kota negara (IKN),” ucapnya.

Syafranuddin menjelaskan, prinsipnya masyarakat Kaltim merasa bangga dan senang serta bersyukur bahwa Kaltim khususnya Kabupaten PPU dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara menjadi ibu kota negara menggantikan DKI Jakarta.

“Kita harapkan penetapan Kaltim sebagai ibu kota negara secepat mungkin> Dengan begitu, maka kesejahteraan rakyat semakin baik. Termasuk, infrastruktur transportasi jalan, baik jalan darat, transportasi laut maupun pembangunan jaringan telekomunikasi untuk mendukung komunikasi di ibu kota negara kelak,’ ujarnya.

Dalam peresmian proyek strategis nasional (PSN) Jaringan Palapa Ring, beberapa kota yaitu Kota Merauke, Sorong, Rote, Penajam Paser Utara (PPU), Jakarta dan Sabang terhubung melalui komunikasi video konferensi.(YAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here